Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 (2 Maret 2021)

 Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

---------------------------------------------------------------------

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat mengelompokkan hasil panen dan

    hasil teknologi pangan dengan tepat (3.6,4.6)

2. Dengan menyanyikan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat memperagakan variasi pola

      irama yang berbeda pada sebuah lagu dengan benar dan percaya diri (3.2,4.2)

3. Dengan mengamati bagian-bagian permukaan tempe, siswa dapat menghitung

     luas permukaan bidang alas tempe dalam satuan tidak baku dengan tepat.(3.3,4.3)

------------------------------------------------------------------------

Hari ini, rumah Lani dikunjungi oleh bibi. Udin, Edo,Beni, Dayu, dan Siti juga berkunjung ke rumah Lani.Mereka berkumpul di ruang makan.Bibi Lani bekerja di pabrik pengolahan makanan.
Bibi menceritakan macam-macam cara mengolahbahan makanan.Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologipangan. Udin, Edo, Beni, Dayu, Siti, dan Lani membaca bersama-sama.

Bacalah teks berikut!

                              Hasil Teknologi Pangan 

Manusia butuh makanan terus-menerus. Bahan makanan yang diperlu kan berasal dari hasil panen. Panen terjadi pada waktu tertentu saja. Oleh karena itu, dicari lah cara agar makanan dapat  bertahan lebih lama. 

Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan merupakan suatu cara untuk mengolah bahan diolah menjadi manisan dan selai. Daging dapat diolah menjadi bakso, sosis, dan kornet. 

Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Selanjutnya, makanan olahan tersebut disimpan dalam kaleng atau dalam plastik kedap udara. Kedap udara maksud nya adalah tidak dapat dimasuki oleh udara. Proses penyimpanannya dapat membuat makanan lebih awet.

Contoh 

Kacang kedelai           = Hasil teknologi pangannya adalah  Tahu, tempe, kecap, susu

Mangga dan stroberi  = Hasil teknologi pangannya adalah diolah menjadi manisan dan selai

Daging       = Hasil teknologi pangannya adalah Dapat diolah menjadi bakso,sosis,kornet,dll


Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. 

Kalimat yg berwarna merah tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf. Nah kumpulan kalimat utama disebut ringkasan!

Jika kita tuliskan kembali menjadi sebuah ringkasan, maka akan jadi seperti dibawah ini

Manusia butuh makanan terus-menerusAgar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. "

---------------------------------------------------------------------    




Pada lagu diatas nadanya ditulis dalam bentuk simbul nada di sebut notasi. Penulisan lagu diatas  menggunakan notasi angka

Untuk menyanyikan silakan amati tayangan video di bawah ini !



Dengarkan dengan baik lagu “Tukang Sayur” 

Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan sekelompok bunyi yang

muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu.

Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? 

Nyanyikan lagu tersebut secara bergantian dengan temanmu.atau dengan ayah dan bunda Iringi nyanyian temanmu dengan berbagai gerakan untuk menunjukkan pola irama berbeda. 

Polairama 1 diiringi dengan tepuk tangan. 

Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari.Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda, yaaaa

----------------------------------------------------------------------------------------

Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya.Tempe yang dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi. Udin mengukur luas tempe menggunakanpotongan segitiga yang terbuat dari daun pisang. Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku.


Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotongmenjadi bentuk segitiga.

Amati bentuk di bawah ini!


Persegi dan segitiga dapat dijadikan alat ukur luas permukaan suatu bidang.

--------------------------------------------------------------------------

Itulah uraian materi pempelajaran hari ini, kalian sudah memahami materi hari ini ?  

Silakan kerjakan tugas berikut :
1. Hitunglah luas permukaan bidang berikut.
       

Bisa dibuka buku tema halaman 28 digambar dan diwarnai sesuai warna yang kalian suka yaa

2. PR menyanyikan lagu 'Tukang Sayur' dengan diiringi alat musik yang ada di rumah. PR dikirim paling lambat sampai tanggal 6 Matet 2021 jam 12.00 siang

Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom
Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terh...

Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar (Tema 8 Subtema 3 )

  Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar Pernahkah kalian pergi ke suatu tempat yang belum kalian datangi sebelumnya? Biasanya, untuk bisa sampai ke tujuan tersebut, kalian akan bertanya kepada orang-orang yang ditemui agar letak tersebut bisa lebih jelas. Nantinya, kalian juga tidak hanya bertanya dengan orang-orang setempat saja. Kalian juga bisa dengan mudah menggunakan denah atau peta untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Pernahkah kalian melihat apa yang namanya denah itu sendiri? Apa pengertian dan fungsi atau manfaat denah bagi kita? Lalu, bagaimana cara membaca denah dengan baik dan benar? 1. Pengertian Denah Denah adalah suatu gambar yang menunjukkan letak kota, jalan atau tempat lain. Denah ini sendiri juga bisa memiliki arti sebagai gambar rancangan rumah dan juga bangunan. Di dalam kehidupan sehari-hari, denah juga memiliki fungsi untuk menggambarkan keadaan mengenai suatu tempat. Kita dengan membaca dan melihat denah bisa dengan mudah mengetahui ...

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2, (Senin, 19 April)

Assalamu‘alaikum wr.wb Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?  Alhamdulillah kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini, sebelumnya mohon maaf lahir bathin semoga pada bulan puasa ini ayah bunda semuanya sehat, sehingga dapat membimbing ananda dalam aktivitas di bulan Ramadhan istimewa ini.  Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, pembelajaran pada bulan Ramadhan akan mengkombinasikan pembelajaran tematik dengan pelaksanaan ibadah.  Ada pembiasaan perilaku baik, sholat, tadarus, doa, hafalan surat-surat pendek, mengenal dan meneladani kisah-kisah nabi, asmaul Husna. Sedangkan untuk ayah bunda yang kebetulan beragama non muslim, bentuk ibadahnya mohon disesuaikan, ya ayah bunda.  Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi a...