Langsung ke konten utama

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

 Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,


Selamat pagi,? 
Anak-anak apa kabar hari ini? 
Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya ... (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman).

Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 8 : Praja Muda arana
Sub Tema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 4

Tujuan Pembelajaran :
  1. Setelah mengamati, peserta didik dapat memberikan pendapat tentang perilaku sehari hari yang sesuai dengan arti sila Pancasila dengan benar.
  2. Setelah membaca teks, Peserta didik dapat menjelaskan maksud dari lambang/simbol pramuka dengan benar.

Mandiri Saat Melaksanakan Ibadah Udin dan teman-teman taat dalam beribadah. Mereka melaksanakan ibadah dengan kesadaran sendiri. Mereka berani pergi ke tempat ibadah sendiri. Tempat ibadah dekat dengan tempat tinggal. Mereka selalu meyiapkan peralatan beribadah sendiri. Mereka mandiri saat melaksanakan ibadah.

Taat dalam beribadah sesuai dengan janji pramuka. Salah satu janji pramuka yaitu takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Taat dalam beribadah juga sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila. Bunyi sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Lambang dari sila pertama Pancasila berbentuk bintang.

Ketuhanan Yang Maha Esa
Berikut ini beberapa contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila.
Pengamalan Sila Pertama
  1. Edo taat menjalankan ibadah. Edo beribadah sesuai agama yang dianutnya. Edo mengamalkan sila pertama Pancasila.
  2. Sebelum dan sesudah makan Siti selalu berdoa. Berdoa sebagai tanda bersyukur. Berdoa sebagai tanda ucapan terima kasih kepada Tuhan. Siti mengamalkan sila pertama Pancasila.
  3. Dayu sangat rajin merawat tanaman. Dayu mencintai tanaman. Dayu mencintai makhluk ciptaan Tuhan. Dayu mengamalkan sila pertama Pancasila.

Ayo Berlatih
Tuliskan 5 contoh perilaku yang menunjukkan pengamalan sila pertama Pancasila!

Kamu sedang bekerja kelompok. Temanmu harus beribadah. Apa yang kamu lakukan?
Saat teman akan melaksanakan ibadah sebaiknya menghormati dengan cara mengijinkan dia melaksanakan ibadah.

Anggota pramuka harus menjadi orang yang taat terhadap Tuhan. Taat beribadah termasuk sikap pengamalan sila pertama Pancasila. Mencintai dan menjaga makhluk ciptaan Tuhan juga pengamalan sila pertama Pancasila.

Memanfaatkan tanaman dengan cara yang baik termasuk menjaga makhluk ciptaan Tuhan. Misalkan memanfaatkan pohon kelapa. Beberapa manfaat pohon kelapa adalah sebagai berikut.
Manfaat Tanaman Kelapa
Ayo Mencoba
Pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Batang pohon kelapa tinggi dan daunnya lebar. Daunnya melambai-lambai ditiup angin. Mari, kita mencoba menirukan gerak pohon kelapa!

Lakukan gerakan berikut ini!
Gerakan Jinjit
1. Berdiri dengan tegak.
2. Angkat kedua tangan ke atas, lalu genggam.
3. Jinjitkan kaki setinggi yang kamu bisa.
4. Tahan gerakan sampai hitungan lima.

Lakukan juga gerakan berikut!
Gerakan
1. Berdiri tegak.
2. Angkat kedua tangan ke atas, lalu genggam.
3. Jinjitkan kaki setinggi yang kamu bisa.
4. Miringkan badan ke kiri.
5. Tahan gerakan sampai hitungan kelima.
6. Miringkan badan ke kanan.
7. Tahan gerakan sampai hitungan kelima.
8. Kembali ke posisi berdiri tegak.

Menirukan gerak pohon kelapa termasuk melatih kelentukan badan. Menirukan gerak pohon kelapa bertujuan melemaskan otot pinggang. Tunas pohon kelapa merupakan lambang pramuka. Mari mengenal lambang pramuka. Kita dapat mencontoh sikap yang sesuai dengan lambang pramuka.

Buah kelapa dapat bertahan lama. Buah kelapa selalu kuat dalam berbagai keadaan. Artinya, anggota pramuka selalu taat terhadap Tuhan. Anggota Pramuka seorang yang memiliki tubuh yang kuat dan sehat. Anggota pramuka selalu kuat
dalam menghadapi tantangan.

Buah kelapa dapat tumbuh dimana saja. Artinya, anggota pramuka dapat menyesuaikan dengan keadaan sekelilingnya. Pohon kelapa menjulang lurus keatas. Pohon kelapa salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Artinya, anggota pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi. Anggota pramuka berpendirian teguh.

Pohon kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Artinya anggota pramuka memiliki tekad yang kuat. Anggota pramuka berpegang kuat pada landasan yang baik.

Kelapa merupakan pohon serba guna. Mulai dari ujung daun hingga akar pohon kelapa sangat bermanfaat. Artinya, anggota pramuka adalah manusia yang berguna. Anggota pramuka berguna untuk tanah air. Anggota pramuka berguna untuk bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Anggota pramuka berguna untuk umat manusia.

Ayo Berlatih
Tuliskan kembali arti tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka! Tuliskan berdasarkan bacaan sebelumnya!
Manfaat Kelapa
  1. Buah kelapa dapat bertahan lama artinya pramuka selalu taat terhadap dan selalu kuat menghadapi tantangan.
  2. Buah kelapa dapat tumbuh dimana saja artinya pramuka dapat menyesuaikan dengan keadaan sekelilingnya.
  3. Pohon kelapa menjulang lurus keatas artinya pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan berpendirian teguh.
  4. Pohon kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah artinya pramuka memiliki tekad yang kuat dan berpegang kuat pada landasan yang baik.
  5. Kelapa merupakan pohon serba guna artinya pramuka berguna untuk bangsa, negara, dan umat manusia.

Perhatikan kembali penjelasan tentang manfaat buah kelapa! Adakah sikapmu yang sudah sesuai dengan penjelasan tersebut? Coba ceritakan!
Buah kelapa dapat bertahan lama dan selalu kuat dalam berbagai keadaan. Aku selalu taat terhadap Tuhan dan selalu kuat dalam menghadapi tantangan.
Jangan lupa untuk kirimkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom

Belajar hari ini sudah selesai. Yuk baca doa setelah belajar!
(Robbanan-fa’naa bimaa ‘allamtanaa alladzii yanfa’unaa wazidnaa ‘ilman walhamdulillaahi ‘alaa kulli haal).
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Ingat untuk selalu bersyukur ya Nak! Bagi yang muslim , Jangan lupa melaksanakan ibadah dan shalat 5 waktu serta shalat teraweh nanti malam ya! Terima kasih. Sampai jumpa besok!
#salamsemangat #salamkompak #PHBS





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan