Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2 (1 Maret 2021)

  Bismillahirohmanirrohim

Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

-----------------------------------------------------------------------

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 1 : Perkembangan teknologi produksi pangan
Pembelajaran : 1 dan 2
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan mengidentifikasi luas permukaan bidang dalam satuan tidak baku, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku dengan tepat.
2.      Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat.
3.      Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.
4.      Melalui diskusi dan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan tepat.
5.      Setelah mengamati contoh ,Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari -hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
6.      Dengan menyimak penjelasan guru tentang pola irama, siswa dapat memahami perbedaan pola irama yang terdapat pada sebuah lagu dengan tepat.


-----------------------------------------------------------------------


(gambar dari buku tema 7 hal.1-2)


Pada pembelajaran tema 7 subtema 1 ini kita akan belajar mengenai Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. 

Teknologi Produksi Pangan

Apa sih Teknologi Produksi Pangan itu?

Lalu, Pangan itu apa?

Nah, kata "PANGAN" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah Makanan

Jadi ,Teknologi Produksi Pangan bisa kita artikan sebagai Teknologi Produksi Makanan yaa.

Oke mari ibu jelaskan apa itu Teknologi Prduksi Pangan itu, simak baik-baik yaa...

Teknologi pangan sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi pangan, manusia bisa mengolah makanan baru.

Selain itu, pemanfaatan teknologi pangan sangat mudah adik-adik jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena manusia tak bisa hidup tanpa pangan atau makanan

Pangan atau makanan sangat dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan nutri sehari-hari. Nutrisi tersebut seperti kebutuhan vitamin, mineral, dan zat bergizi bagi tubuh.

Misalnya, kacang kedelai yang sudah dipanen bisa diolah menjadi tempe, tahu, dan kecap. Selain itu ada daging aya. Bahan pangan ini bisa dijadikan sosis, pentol, nugget, dan lain-lain.

Teknologi pangan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya tenologi pangan, manusia bisa membuat makanan baru. Berikut manfaat teknologi pangan dalam kehidupan:

  1. Dapat dijadikan kreasi makanan. Contohnya susu kedelai. Dari bahan kedelai mentah bisa dijadikan susu.
  2. Membuat makanan lebih awet dan tahan lama. Contohnya makanan kaleng. Dengan cara pengalengan makanan tidak mudah busuk dan tahan lama.
  3. Sarana pembelajaran di sekolah. Manfaat lain dari teknolohi pangan bisa dijadikan sarana belajar di sekolah. Misalnya, saat siswa diajak membuat tape, donat, dan lain-lain.
  4. Membuat makanan lebih bernilai jual. Hasil panen yang sudah diolah jadi makanan bisa dijual lagi. Contohnya daging bakso yang diolah jadi kornet, manisan buah, dan lain-lain.
Teknologi pangan bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya untuk membuat jus, tempe, tahu, roti, kecap dll.

-----------------------------------------------------------------------

Nah salah satu makanan yg diproses melalui teknologi produksi pangan adalah Roti. Roti merupakan makanan yg dibuat dari bahan baku tepung, tepung ada berbagai jenis yakni terbuat dari gandum dan jagung.

Dibawah ini ada sebuah Lagu yg berjudul "Rotiku", cipt. AT. Mahmud. 


Pola Irama Suatu Lagu 
Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. 
Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. 
Pola irama muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu. 
Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! 
Kamu akan mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu. 
Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda.

Dengarkan pola irama pada lagu tersebut! Apakah pola iramanya sama atau berbeda?
-----------------------------------------------------------------------

Selain roti, makanan yang dilakukan dengan proses teknologi produksi pangan adalah Tahu.



Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu. Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka dan didinginkan, adonan tahu siap dicetak.


kalian bisa lihat di buku tema 7 halaman 8

Luas Permukaan Suatu Bidang 

Ibu Edo mengukur luas kain untuk menyaring tahu dengan menggunakan satuan tidak baku.



Edo dan teman-teman menghitung banyak tahu yang menutupi seluruh permukaan kain A dan kain B.

Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8. Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi. 
Berapakah luas dari kain A dan kain B? Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.


-----------------------------------------------------------------------


Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng. Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak Sarip membuat ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.

Bacalah teks tentang “Bandeng Presto” berikut. 


Dari bacaan teks diatas, coba kalian perhatikan.. kenapa teks bacaan nya terdiri dari warna yg berbeda-beda yaa?

Nah, Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf
Dari kumpulan paragraf tersebut ada 3 paragraf dari masing-masing paragraf mengandung
beberapa informasi :
1. Informasi 1 : bandeng fresto dimasak menggunakan panci presto
2. Informasi 2 : Panci presto akan membuat daging ikan menjadi lunak
3. Informasi 3 : Kemasan bandeng presto akan menentukan daya tahan ikan.


----------------------------------------------------------------------- 

Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah mahir berenang. Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat menemukan beragam kemampuan.
Beragam artinya bermacam-macam.

Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.
Ada yang terbiasa makan nasi saat sarapan, ada yang cukup makan roti, teh hangat. Kebiasaan yang berbeda pada setiap individu merupakan bagian dari ada yang hanya memakan buah-buahan, ada pula yang cukup dengan minum keberagaman karakteristik individu


Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan makanan hasil pengolahan teknologi pangan.

Apakah mereka menyukai jenis makanan yang sama? Apakah semua menyukai makanan hasil teknologi pangan?
Jenis makanan yang disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarku ternyata -> sama /berbeda
Ini berarti, setiap orang memiliki kebiasaan yang -> berbeda /sama.


Nah begitulah penjelasan materi kali ini pada Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 1 dan 2...

Untuk mengetahui apakah kalian sudah paham tentang materi tersebut, selanjutnya kerjakan tugas berikut yaa...

Tugas :
1. Perhatikan gambar pada halaman 18, Lalu kerjakan tugas latihan pada halaman 18. Tuliskan nama makanan yang dihasilkan dari proses teknologi produksi pangan berdasarkan gambar.

Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terh...

Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar (Tema 8 Subtema 3 )

  Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar Pernahkah kalian pergi ke suatu tempat yang belum kalian datangi sebelumnya? Biasanya, untuk bisa sampai ke tujuan tersebut, kalian akan bertanya kepada orang-orang yang ditemui agar letak tersebut bisa lebih jelas. Nantinya, kalian juga tidak hanya bertanya dengan orang-orang setempat saja. Kalian juga bisa dengan mudah menggunakan denah atau peta untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Pernahkah kalian melihat apa yang namanya denah itu sendiri? Apa pengertian dan fungsi atau manfaat denah bagi kita? Lalu, bagaimana cara membaca denah dengan baik dan benar? 1. Pengertian Denah Denah adalah suatu gambar yang menunjukkan letak kota, jalan atau tempat lain. Denah ini sendiri juga bisa memiliki arti sebagai gambar rancangan rumah dan juga bangunan. Di dalam kehidupan sehari-hari, denah juga memiliki fungsi untuk menggambarkan keadaan mengenai suatu tempat. Kita dengan membaca dan melihat denah bisa dengan mudah mengetahui ...

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2, (Senin, 19 April)

Assalamu‘alaikum wr.wb Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?  Alhamdulillah kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini, sebelumnya mohon maaf lahir bathin semoga pada bulan puasa ini ayah bunda semuanya sehat, sehingga dapat membimbing ananda dalam aktivitas di bulan Ramadhan istimewa ini.  Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, pembelajaran pada bulan Ramadhan akan mengkombinasikan pembelajaran tematik dengan pelaksanaan ibadah.  Ada pembiasaan perilaku baik, sholat, tadarus, doa, hafalan surat-surat pendek, mengenal dan meneladani kisah-kisah nabi, asmaul Husna. Sedangkan untuk ayah bunda yang kebetulan beragama non muslim, bentuk ibadahnya mohon disesuaikan, ya ayah bunda.  Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi a...