Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5-6 (Senin,15 Feb 2021)

 

Home Learning Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5-6


Bismillahirohmanirrohim

Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Pembelajaran : 5, dan 6

Tujuan Pembelajaran :

Bahasa Indonesia:
- Dengan membaca siswa dapat menuliskan  informasi yang terdapat dalam teks  Energi alternatif.

PPKN:
- Dengan membaca siswa dapat menjelaskan cara menjaga kelestarian energi mengenai kelangkaan enegi alternatif berupa air.

Matematika: 
- Dengan memahami, siswa dapat menentukan lama kegiatan,waktu mulai sampai selesai,dalam satuan jam dan menit dan detik.
_________________________________________________

B.Indonesia KD 3.2 dan 4.2

Sumber Energi Alternatif
Energi fosil berupa bahan bakar minyak, lama-kelamaan akan habis juga karena setiap hari dan setiap saat digunakan. Coba bayangkan, berapa juta kendaraan yang setiap hari mengisi bahan bakar minyak agar kendaraan itu bisa berjalan?

1.Briket Pengganti BBM

Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar(Bahan bakar pengganti )) yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa.
Antara tahun 2008-2012, briket menjadi salah satu agenda riset energi Institut Pertanian Bogor.[1] Bahan baku briket diketahui dekat dengan masyarakat pertanian karena biomassa limbah hasil pertanian dapat dijadikan briket. Penggunaan briket, terutama briket yang dihasilkan dari biomassa, dapat menggantikan penggunaan bahan bakar fosil.

Bahan penyusun briket dapat mencakup
  • Bahan bakar utama:
  • Alatnya :
    • Batok kelapa/bambu/sabuk gergaji
    • Kanji
    • potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan
    • Korek api
  • Cara membuat bisa kalian baca buku tema  6 halaman137- 138
Briket dibuat dengan menekan dan mengeringkan campuran bahan menjadi blok yang keras. Metode ini umum digunakan untuk batu bara yang memiliki nilai kalori rendah atau serpihan batu bara agar memiliki tambahan nilai jual dan manfaat. Briket digunakan di industri dan rumah tangga.
Bahan yang digunakan untuk pembuatan briket sebaiknya yang memiliki kadar air rendah untuk mencapair nilai kalor yang tinggi. Keberadaan bahan volatil juga mempengaruhi seberapa cepat laju pembakaran briket; bahan yang memiliki bahan volatil tinggi akan lebih cepat habis terbakar.

Pemanfaatan briket

Pemanfaatan bahan bakar padat seperti briket batu bara umumnya tidak disarankan untuk digunakan di rumah tangga karena asapnya yang pekat. Diperlukan tungku khusus yang mengatasi masalah tersebut.
Briket memiliki harga yang murah dibandingkan bahan bakar jenis lainnya sehingga penggunaannya dalam dunia industri dapat memberikan penghematan biaya. Di daerah Ketahun, Bengkulu Utara, briket telah digunakan sebagai pengganti kayu bakar yang harganya semakin naik. Penggunaan briket diketahui memberikan manfaat dari sisi pengeluaran usaha.

Karena itulah sambil terus berupaya menghemat bahan bakar minyak, kita membutuhkan energi alternatif untuk menggantikan BBM tersebut bisa suatu saat betul-betul habis. Jadi, energi alternatif adalah energi yang kita gunakan untuk menggantikan BBM (sumber energi fosil).
 
2. Biogas Pengganti BMM


Ada banyak hewan di sekitar kita. Hewan di sekitar sangat bermanfaat. Daging hewan bisa menjadi makanan untuk manusia. Tenaga hewan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Kulit hewan dapat digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Bahkan limbah kotoran hewan pun dapat dimanfaatkan.

Semakin banyak penduduk semakin meningkat pula kebutuhan energi. Lama kelamaan energi bahan bakar minyak akan habis. Penggunaan limbah kotoran hewan untuk menggantikan bahan bakar minyak perlu diupayakan. Untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat.




Biogas adalah energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran hewan. Gas dari limbah kotoran sapi adalah salah satu contohnya. Limbah kotoran sapi dimanfaatkan dalam dua cara. Gas dari limbah kotoran digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan atau memasak. Sisa limbah kotoran sapi akan digunakan untuk membuat pupuk.



Biogas terbilang sangat menghemat energi, sebab memanfaatkan sampah dan hasil kotoran hewan. Penggunaan biogas adalah teknologi hijau dengan manfaat lingkungan. Memungkinkan untuk menghasilkan panas atau digunakan dalam mesin pembakaran untuk menghasilkan listrik.

Selain itu, produksi biogas di peternakan bisa mengurangi bau, serangga, dan patogen yang terkait dengan timbunan kotoran. Gas hasil fermentasi ini benar-benar menggiurkan dalam menghemat kantong.Kotoran sapi sangat cocok menjadi bahan baku pembuatan biogas,

Biogas bisa dibakar seperti elpiji. Dalam skala besar biogas dapat dijadikan sumber energi listrik alternatif ramah lingkungan

Baca buku tema 6 halaman 143-144

Ciri-ciri energi alternatif antara lain:

1. Jumlahnya sangat banyak (tidak terbatas)
2. Bisa digunakan berulang-ulang
3. Pengolahannya tidak merusak lingkungan
4. Tidak berbahaya (aman)
5. Ramah lingkungan
6. Murah, tidak terlalu menghabiskan biaya yang mahal, dan lain-lain


--------------------------------------------------------      
PPKn KD.3.2 dan 4.2

Hak danKewajiban Menjaga Ketersedian Energi

Setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama di dalam kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali di dalam penggunaan energi, semua memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Kewajiban menghemat energi meliputi menghemat listrik, hemat air, hemat BBM (Bahan-bakar minyak), dan sebagainya.

Menghemat Listrik, dilakukan dengan cara sebagai berikut ini:
1. Mematikan AC ketika sudah selesai digunakan, atau ketika hendak bepergian.
2. Menyalakan lampu ketika diperlukan, tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari atau ketika ruangan sudah cukup terang.
3. Mematikan kipas angin bila tak digunakan.
4. Menggunakan setrika, pompa air, mesin cuci, dan alat-alat elektronik lainnya dengan penuh tanggung

Menghemat air dan melestarikan sumber air dilakukan dengan cara:

1. Menutup kran air bila tidak digunakan, tutuplah kran air bila hendak keluar dari kamar mandi
2. Mencuci kendaraan bermotor tidak harus setiap hari. Cukup dengan misalnya 2 kali dalam seminggu atau ketika kendaraan benar-benar kotor
3. Hindari menggunakan bath-tub karena sangat boros air
4. Menyiram tanaman bisa dilakukan dengan menggunakan air bekas mencuci beras, mencuci sayur-sayuran, atau mencuci buah-buahan.
5. Melestarikan sungai agar tetap bersih dengan cara tidak membuang sampah ke sungai
6. Menanam pohon atau melakukan penghijauan, dan lain-lain

Upaya-upaya menghemat energi  serta usaha melestarikan lingkungan tersebut tidak hanya kita lakukan di lingkungan rumah saja, tetapi juga di lingkungan sekolah, hingga di lingkungan bermasyarakat.

---------------------------------------------------------
Matematika KD.3.6 dan 4.6

Menghitung Lama Aktivitas yang dilakukan

Setiap hari kita melakukan aktivitas, baik di rumah maupun di luar rumah.Setiap aktivitas yang kita lakukan membutuhkan waktu yang lama maupun sebentar.

Berapa lamanya waktu yang kita gunakan untuk beraktivitas, biasanya diukur dengan hitungan jam dan menit.

Contoh 1:
Dona membaca buku mulai pukul 08.50 WIB dan selesai membaca pada pukul 09.30. Dengan demikian, Dona membaca buku selama 40 menit.

Contoh 2:
Sore itu Didi bermain sepakbola bersama teman-temannya. Mereka bermain sepakbola selama 75 menit. Bila mereka mulai bermain pukul 15.30 WIB, maka mereka selesai bermain pada bukul 16.45 WIB.

Mengamati Tanggal Kadaluarsa Suatu Produk

Kita sering membeli makanan atau minuman di dalam kemasan. Setiap makanan dan minuman tersebut memiliki tanggal kadaluarsa, atau batas waktu makanan/minuman tersebut baik untuk dikonsumsi.

Tanggal kadaluarsa produk tersebut biasanya tertulis di bawah atau di belakang kemasan.

Contoh penulisan tanggal kadaluarsa

1. Ditulis dalam bahasa Indonesia

Penulisan tanggal kadaluarsa untuk produksi dalam negeri (Indonesia) ditulis dengan urutan Hari/tanggal - bulan - tahun. 

Contoh: 10 Mei 2020, maka produk makanan/minuman tersebut sebaiknya dikonsumsi sebelum tanggal 10 Mei 2020

2. Kode ditulis dalam bahasa Inggris

Penulisan tanggal kadaluarsa dalam bahasa Inggris ditulis dengan urutan bulan - hari - tahun.

Contoh: EXP 080519, berarti tanggal kadalursa (expired) produk tersebut adalah bulan Agustus tanggal 5 tahun 2019. Atau tanggal 5 Agustus 2019.

3. Produksi Jepang

Berbeda dengan Indonesia dan Inggris, untuk produk makanan dari Jepang, tanggal kadaluarsa ditulis dengan urutan tahun - bulan - hari.

Contoh: 2021.09.28, 
berarti tanggal kadaluarsa produk makanan tersebut adalah tanggal 28 September 2021

______________________________________________

Selanjutnya kerjakan tugas di bawah ini !

TUGAS 
1. Kerjakan tugas latihan pada HALAMAN 139 , NOMOR  5  dan HALAMAN 145 NO. 4    
2. Kerjakan halaman 141 nomor 1, dan 2 .


Mari kita akhiri pembelajaran hari ini. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 
Kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa besok!

 #salamsehat 

#salamkompak

#IngatPesanIbu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terh...

Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar (Tema 8 Subtema 3 )

  Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar Pernahkah kalian pergi ke suatu tempat yang belum kalian datangi sebelumnya? Biasanya, untuk bisa sampai ke tujuan tersebut, kalian akan bertanya kepada orang-orang yang ditemui agar letak tersebut bisa lebih jelas. Nantinya, kalian juga tidak hanya bertanya dengan orang-orang setempat saja. Kalian juga bisa dengan mudah menggunakan denah atau peta untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Pernahkah kalian melihat apa yang namanya denah itu sendiri? Apa pengertian dan fungsi atau manfaat denah bagi kita? Lalu, bagaimana cara membaca denah dengan baik dan benar? 1. Pengertian Denah Denah adalah suatu gambar yang menunjukkan letak kota, jalan atau tempat lain. Denah ini sendiri juga bisa memiliki arti sebagai gambar rancangan rumah dan juga bangunan. Di dalam kehidupan sehari-hari, denah juga memiliki fungsi untuk menggambarkan keadaan mengenai suatu tempat. Kita dengan membaca dan melihat denah bisa dengan mudah mengetahui ...

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2, (Senin, 19 April)

Assalamu‘alaikum wr.wb Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?  Alhamdulillah kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini, sebelumnya mohon maaf lahir bathin semoga pada bulan puasa ini ayah bunda semuanya sehat, sehingga dapat membimbing ananda dalam aktivitas di bulan Ramadhan istimewa ini.  Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, pembelajaran pada bulan Ramadhan akan mengkombinasikan pembelajaran tematik dengan pelaksanaan ibadah.  Ada pembiasaan perilaku baik, sholat, tadarus, doa, hafalan surat-surat pendek, mengenal dan meneladani kisah-kisah nabi, asmaul Husna. Sedangkan untuk ayah bunda yang kebetulan beragama non muslim, bentuk ibadahnya mohon disesuaikan, ya ayah bunda.  Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi a...