Langsung ke konten utama

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3

Kelas            : III 

Tema            : 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 

Sub Tema     : 3. Pertumbuhan Hewan 

Semester      : I (Ganjil)


Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia 

  • 3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. 
  • 4.1 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

Matematika 

  • 3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan. 
  • 4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.

SBdP 

  • 3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif. 
  • 4.1 Membuat karya dekoratif.
Tujuan Pembelajaran
  • Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menceritakan daur hidup ikan dengan kalimatnya sendiri. 
  • Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita tentang perkalian dengan cermat. 
  • Peserta didik dapat membuat gambar dekoratif berupa gambar ikan dengan kreatif.
---------------------------------------------------------------------------
Makhluk Hidup Berkembang Biak.

Berkembang biak adalah salah satu ciri makhluk hidup.
Setelah menjadi dewasa, makhluk hidup akan berkembang biak.
Bagi makhluk hidup, berkembang biak berfungsi untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punah.

Nah, sebagai makhluk hidup hewan juga berkembang biak dengan beberapa cara.
Secara garis besar, ada dua cara perkembangbiakan hewan, yakni secara generatif dan vegetatif.

Cara perkembangbiakan hewan secara generatif adalah perkembangbiakan dengan cara kawin. Perkembangbiakan generatif terjadi apabila sel kelamin jantan dan sel kelamin betina bertemu. Perkembangbiakan ini terbagi ke dalam tiga jenis yaitu:
  • Ovipar, atau bertelur. Merupakan cara perkembangbiakan hewan yang umumnya dilakukan reptil dan unggas. Ciri-ciri dari hewan ovipar seperti tidak punya kelenjar susu dan tidak punya daun telinga, Contoh hewan ini adalah bebek, ayam, dan angsa.
  • Vivipar, atau beranak. Merupakan perkembangbiakan hewan yang dilakukan secara melahirkan. Ciri-ciri dari hewan vivipar seperti mempunyai kelenjar susu dan daun telinga, tubuhnya dilindungi oleh bulu. Contoh hewan seperti anjing, kucing, sapi, dan singa.
  • Ovovivipar, atau bertelur dan melahirkan. Cara perkembangbiakan hewan yang ini adalah kombinasi perkembangbiakan secara bertelur dan melahirkan. Jumlah hewan yang cara perkembangbiakannya ovovivipar memang tidak terlalu banyak, beberapa contohnya seperti kuda laut.
------------------------------------------------------------------------------------------------

Ikan merupakan salah satu contoh makhluk hidup. Ikan bernapas dengan insang . Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip. Bentuk dan jenis ikan yang beraneka ragam dapat menjadi sumber ide dalam membuat karya gambar hias bermotif hewan.

Untuk pelajaran hari ini kita simak bersama-sama video pembelajaran berikut ini yaa 

----------------------------------------------------------------------------------------

Daur Hidup Ikan

Proses daur hidup yang terjadi pada hewan bertujuan untuk mempertahankan populasinya dengan cara mereka yaitu berkembang biak. Berkembang biak berarti bertambah banyak. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur dalam jumlah banyak. Bahkan bisa sampai ribuan. Telur ikan menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.


-----------------------------------------------------------------------------

Gambar hias bermotif ikan adalah gambar ikan yang disederhanakan. Meskipun disederhanakan, gambar hias tidak meninggalkan bentuk aslinya. Bentuk dan warna pada gambar terkadang berbeda dari aslinya. Namun kesan gambar asli nya masih tetap tampak.

Kalian bisa melihat contoh Cara Menghias Gambar Ikan pada Video dibawah ini

TUGAS 1 : SBDP

  • Siapkan kertas A4 atau Buku Menggambar, serta siapkan alat gambar dan alat mewarnai yang kalian punya dirumah.
  • Buat lah gambar Ikan Hias dengan motif dan warna sesuai keinginan kalian.
  • Setelah selesai fotokan hasil gambar nya lalu kirimkan ke classroom kelas. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan