Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN
Pembelajaran ke : 4 & 5
Kompetensi Dasar
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
PPKN :
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca lah teks dibawah ini.
Makanan dan Kesehatan
Pagi ini anak-anak SD Nusantara bermain tarik tambang. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri atas Udin, Lani, dan Beni. Kelompok kedua terdiri atas Edo, Dayu, dan Siti. Semua senang sekali.Tiba-tiba terdengar suara Edo mengaduh kesakitan. Rupanya Edo terjatuh dan tertarik oleh kelompok Udin. Semua temannya merasa sedih dan kaget. Mereka kaget karena Edo terjatuh. Edo anak terkuat di antara mereka. Pada setiap perlombaan Edo selalu menang. Mereka pun membantu Edo berdiri dan menghiburnya.
Ternyata, pagi ini Edo lupa sarapan sehingga badannya terasa lemas. Edo bangun kesiangan dan terburu-buru berangkat ke sekolah. Untuk menjadi kuat kita harus banyak berlatih dan makan dengan cukup.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Makanan diperlukan makhluk hidup karena merupakan sumber energi. Makanan bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap tumbuh dan sehat. Makanan yang dibutuhkan tubuh adalah makanan yang bergizi.
- karbohidrat,
- lemak,
- protein,
- vitamin,
- mineral,
- air
Fungsi makanan tersebut bagi tubuh yaitu Penghasil energi, zat pembangun, dan zat pengatur.
Makanan bergizi merupakan makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Setiap zat tersebut memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh.
------------------------------------------------------------------------------------------
Tugas 1 :
Sudahkan kalian sarapan hari ini?
Tuliskan menu sarapan mu dan jelaskan gizi yang terkandung dalam makanan sarapan mu hari ini.
Foto kan menu makanan dan hasil tugas yang sudah kalian kerjaan. Kirim foto ke classrom seperti contoh dibawah ini.
Saling
menghargai dan menghormati merupakan contoh pengamalan sila kedua Pancasila.
Keberagaman yang ada merupakan kekayaan bangsa kita. Dengan adanya perbedaan,
kita dapat belajar untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
Lani suka ikan. Udin lebih suka daging. Kedua lauk itu makanan sehat. Mereka saling menghargai makanan kesukaan masing-masing.
Edo suka kentang. Beni lebih suka roti. Kedua makanan itu makanan sehat. Mereka saling menghargai makanan kesukaan masing-masing.
----------------------------------------------------------------------------
Siti senang berolahraga lari di pagi hari. Dayu senang olahraga renang. Lani senang bermain lompat tali. Olahraga kesukaan mereka berbeda-beda. Walaupun kesukaan mereka berbeda, namun mereka tetap rukun bermain bersama.
---------------------------------------------------------------------------------
1.
Menghargai pendapat
teman.
2.
Menghormati perbedaan yang ada.
3. Berteman dengan siapa pun meskipun memiliki perbedaan.
Komentar
Posting Komentar