Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 5 dan 6

 Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, 


Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat.

Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas di bulan Ramadhan ini dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

------------------------------------------------------
Tema                                    : 8. Praja Muda Karana

Sub Tema                             : 4. Aku Suka Berkarya

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia (3.7, 4.7) PPKn (1.1,2.1,3.1,4.1) 

                                               Matematika(3.13,4.13)

Pembelajaran ke                  :   Home Learning / pembelajaran 5 dan 6

Tujuan Pembelajaran :
  1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan posisi suatu tempat benar.
  2. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar
  3. Setelah berdiskusi, siswa dapat membuat poster ajakan mencintai negara secara berkelompok dengan benar.
  4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

--------------------------------------------------------------------


Mengadakan Kegiatan Amal


Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai. Ada banyak anak-anak berkumpul di sana. Siti dan teman-teman sedang menerima sumbangan barang bekas. Barang bekas akan digunakan untuk kegiatan amal. SD Nusantara berencana mengadakan kegiatan penjualan barang bekas. Barang bekas tersebut harus masih bisa digunakan dan dijual dengan harga murah. Barang bekas dikumpulkan dari semua siswa SD Nusantara.

Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau tempat yang membutuhkan. Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yang diterima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik

Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan agar berjalan dengan baik. Kegiatan berbagi dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.


NoSila PancasilaContoh Sikap
1Sila pertama
Ketuhanan yang Maha Esa
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
2Sila kedua
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Menolong teman yang sedang mengalami kesusahan
3Sila ketiga
Persatuan Indonesia
Bekerja sama dan saling menolong
4Sila keempat
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Mendamaikan teman yang sedang berselisih
4Sila kelima
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Membagi tugas secara adil kepada
semua anggota kelompok



Siti dan teman-teman sangat senang melaksanakan kegiatan amal dan kegiatan penghijauan. Siti dan teman-teman bertanggung jawab melaksanakan tugas yang telah diberikan. Siti dan teman-teman telah berkarya untuk kepentingan sekolah. Siti dan teman-teman juga membuat laporan sebagai bentuk rasa tanggung jawab.




Siti dan teman-teman memiliki semangat tinggi dalam berkarya. Mereka berkarya menciptakan lingkungan yang asri dan hijau. Siti dan temanteman berencana mengadakan kegiatan penghijauan. Mereka menanam pohon di area sekolah dan lingkungan sekitar. Mereka memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami. Kegiatan menanam pohon sangat bermanfaat untuk kesehatan lingkungan. Lingkungan menjadi lebih asri dan teduh. Udara sekitar pun akan menjadi lebih segar.

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya menanam pohon dan merawat tanaman. Selain itu menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut membuat lingkungan tetap nyaman dan bersih.

Jika lingkungan bersih, hidup pun akan lebih sehat. Membuang sampah pada tempatnya termasuk kegiatan menjaga lingkungan. Ajaklah selalu teman-temanmu untuk membuang sampah pada tempatnya. Ajaklah untuk mengurangi penggunaan plastik. Plastik termasuk bahan yang sulit dihancurkan tanah. Ajaklah teman-temanmu ikut serta menanam tanaman di lingkungannya. Ajak pula untuk merawat tanaman tersebut.

Mencintai lingkungan termasuk sikap pengamalan sila Pancasila. Peduli lingkungan berarti peduli dengan makhluk ciptaan Tuhan. Bergotong royong menjaga lingkungan merupakan pengamalan sila Pancasila.

Menjaga lingkungan berarti menjaga negara Indonesia. Menjaga kekayaan negara Indonesia dan menjaga rakyatnya. Selalu menjaga keutuhan negara Indonesia dari kerusakan.

Berikut ini merupakan contoh sikap peduli lingkungan dan sesama manusia yang mencerminkan dengan pengamalan Pancasila

NoPenyataanPengamalan Sila Ke
12345
1Merawat tanaman dengan rutin.---
2Bersama-sama dengan teman melaksanakan kegiatan penghijauan---
3Selalu membuang sampah pada tempatnya---
4Berbagi dengan teman yang membutuhkan---
5Peduli kepada teman yang sedang sedih.---


---------------------------------------------



Tugas 1, 
Kerjakan latihan pada buku tema 8 hlm 200, pertanyaan 1-10.

Tugas selesai difoto kirim ke Classroom yaa~
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
 Jangan lupa berdoa dan bersyukur kepada Tuhan! Terima kasih, sampai jumpa besok! #Salamkompak 

#Tetapsemangat 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan