Langsung ke konten utama

Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3


Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Selamat pagi,? 
Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya ... (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman).

Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Sub Tema 3 : Aku Suka Berpetualang

Tema 8 : Praja Muda Karana

Pembelajaran : 3


A. Kompetensi Dasar
1. Bahasa Indonesia
3.9   Mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambing negara beserta artinya  dalam teks lisan, tulis, dan visual
4.9.  Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta  bentuk visual dan tulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.

2SBdP
3.1 Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif.
4.1 Menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif

3.  Matematika
3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
4.13 Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar

Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah mengamati, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
  2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.

Bersepeda Bersama Teman. Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda. Tidak semua teman Udin ikut bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda. Udin dan teman-teman melewati jalan raya.

Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau.

Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus
berhenti.
Bersepeda
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Ayo Berlatih
Tugas 1: ( halaman 130 )
Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan sebelumnya!
  1. Apa kendaraan yang digunakan Udin dan teman-teman? 
  2. Mengapa teman Udin ada yang tidak ikut bermain? 
  3. Apa saja warna yang ada pada lampu lalu lintas? 
  4. Tuliskan arti setiap warna yang ada pada lampu lalu lintas?

Udin dan teman-teman menemukan banyak rambu lalu lintas. Diantara rambu tersebut ada rambu dilarang masuk ke jalur tertentu. Ada pula rambu tidak boleh belok kanan. Ada pula rambu tidak boleh belok kiri. 

Berikut ini merupakan lambang dan arti rambu lalu lintas!
Rambu
-----------------------------------------

Berikut ini laporan kemampuan 10 anak dalam mengendarai sepeda. Laporan dibuat dalam bentuk diagram.

Diagram
Jawablah pertanyaan berdasarkan diagram tersebut!
  1. Berapa banyak anak yang dapat mengendarai sepeda? jawab : 8 orang
  2. Berapa banyak anak yang belum dapat mengendarai sepeda? jawab : 2
  3. Berapa beda antara anak yang dapat mengendarai sepeda dan yang belum dapat mengendarai sepeda? jawab : 6 orang

Tugas 2 : 
Cobalah amati kendaraan yang ada di sekolahmu! Hitunglah banyak kendaraan yang ada di sekolahmu! Tuliskan data pada tabel berikut!

SepedaMotorMobil
IIII IIIIII IIIIIII

Sajikan hasil pengamatanmu dalam bentuk diagram! ( diagram lihat dibuku tema 8 halaman 133 ) 

------------------------------
Jangan lupa untuk kirimkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom

Belajar hari ini sudah selesai. Yuk baca doa setelah belajar!
(Robbanan-fa’naa bimaa ‘allamtanaa alladzii yanfa’unaa wazidnaa ‘ilman walhamdulillaahi ‘alaa kulli haal).

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Ingat untuk selalu bersyukur ya Nak! Jangan lupa melaksanakan shalat teraweh nanti malam ya! Terima kasih,
sampai jumpa besok!
 #salamsemangat
 #salamkompak #PHBS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan