Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Selamat pagi,?
Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya ... (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman).
Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.
Sub Tema 3 : Aku Suka Berpetualang
Tema 8 : Praja Muda Karana
Pembelajaran : 3
A. Kompetensi Dasar
1. Bahasa Indonesia
3.9 Mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambing negara beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
4.9. Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta bentuk visual dan tulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
2. SBdP
3.1 Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif.
4.1 Menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif
3. Matematika
3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
4.13 Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mengamati, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.
Bersepeda Bersama Teman. Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda. Tidak semua teman Udin ikut bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda. Udin dan teman-teman melewati jalan raya.
Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus
berhenti.
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.
Ayo Berlatih
Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau.
Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus
berhenti.
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.
Ayo Berlatih
Tugas 1: ( halaman 130 )
Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan sebelumnya!
Berikut ini laporan kemampuan 10 anak dalam mengendarai sepeda. Laporan dibuat dalam bentuk diagram.
Jawablah pertanyaan berdasarkan diagram tersebut!
Tugas 2 :
Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan sebelumnya!
- Apa kendaraan yang digunakan Udin dan teman-teman?
- Mengapa teman Udin ada yang tidak ikut bermain?
- Apa saja warna yang ada pada lampu lalu lintas?
- Tuliskan arti setiap warna yang ada pada lampu lalu lintas?
Udin dan teman-teman menemukan banyak rambu lalu lintas. Diantara rambu tersebut ada rambu dilarang masuk ke jalur tertentu. Ada pula rambu tidak boleh belok kanan. Ada pula rambu tidak boleh belok kiri.
Berikut ini merupakan lambang dan arti rambu lalu lintas!
-----------------------------------------
Jawablah pertanyaan berdasarkan diagram tersebut!
- Berapa banyak anak yang dapat mengendarai sepeda? jawab : 8 orang
- Berapa banyak anak yang belum dapat mengendarai sepeda? jawab : 2
- Berapa beda antara anak yang dapat mengendarai sepeda dan yang belum dapat mengendarai sepeda? jawab : 6 orang
Tugas 2 :
Cobalah amati kendaraan yang ada di sekolahmu! Hitunglah banyak kendaraan yang ada di sekolahmu! Tuliskan data pada tabel berikut!
Sepeda | Motor | Mobil |
---|---|---|
Sajikan hasil pengamatanmu dalam bentuk diagram! ( diagram lihat dibuku tema 8 halaman 133 )
------------------------------
Jangan lupa untuk kirimkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom
Belajar hari ini sudah selesai. Yuk baca doa setelah belajar!
(Robbanan-fa’naa bimaa ‘allamtanaa alladzii yanfa’unaa wazidnaa ‘ilman walhamdulillaahi ‘alaa kulli haal).
(Robbanan-fa’naa bimaa ‘allamtanaa alladzii yanfa’unaa wazidnaa ‘ilman walhamdulillaahi ‘alaa kulli haal).
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Ingat untuk selalu bersyukur ya Nak! Jangan lupa melaksanakan shalat teraweh nanti malam ya! Terima kasih,
sampai jumpa besok!
#salamsemangat
#salamkompak #PHBS
Komentar
Posting Komentar