Langsung ke konten utama

Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1

 Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Anak-anak apa kabar hari ini? 

Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Selamat pagi,? 
Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya ... (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman).

Tema 8 : Praja Muda arana
Sub Tema 3 : Aku Suka Berpetualang
Pembelajaran : 1

A. Kompetensi Dasa
1. Bahasa Indonesia
3.9   Mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambing negara
        beserta artinya  dalam teks lisan, tulis, dan visual
4.9.  Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan
        lambang negara) beserta  bentuk visual dan tulis menggunakan kosa kata baku dan 
        kalimat efektif.

2SBdP
3.1 Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif
4.1 Menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif

3.  Matematika
3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram
        gambar
4.13 Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram
        gambar

  Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
  2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.

-------------------------------------------------------------


Aku anggota pramuka yang suka bertualang.Bertualang berarti pergi ke mana-mana mencari
pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka mengunjungi berbagai tempat untuk belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.

Mengunjungi berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang
sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.
Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan kegiatan yang mengasyikkan.

Mari kita bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan.


Hari ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang.Mereka akan mencari tahu tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari jejak.

Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri. Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.

Semua anggota kelompok juga mematuhi ramburambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.

Mari memahami rambu-rambu lalu lintas!
Perhatikan gambar berikut!
GambarArtinya
Parkir
Tanda di samping berarti kendaraan dilarang parkir.
Berhenti
Tanda di samping berarti kendaraan dilarang berhenti
Zebra Cross
Garis hitam dan putih sebagai tempat menyeberang jalan. Garis hitam dan putih disebut zebra cross

Ayo Berlatih
Tuliskan arti dari rambu-rambu tersebut! Temukan perilaku yang tidak sesuai dengan aturan rambu-rambu lalu lintas! Perilaku yang tidak sesuai adalah menyebrang sembarangan, tidak menggunakan zebra cross.

Perhatikan gambar berikut ini!
Rambu-rambu lalu lintas yang ada pada gambar dan artinya!

Lalu Lintas
GambarArtinya
Parkir
Dilarang parkir
Berhenti
Dilarang berhenti
Zebra Kros
Zebra cross tempat menyebrang jalan
Lampu Lalin
Rambu peringatan adanya lampu lalu lintas
Petunjuk Arah
Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menunjukan arah daerah

Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturanlalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.

-----------------------------------------------------------------

Ayo Berlatih
Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.

No.Jenis BenderaBanyak bendera
yang ditemukan
Ditulis dalam
bilangan
1MerahIIII4
2MerahIIII  III7
3MerahIII3

Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!
Tabel


TUGAS 1 : BUATLAH DIAGRAM BATANG DARI DATA DI BAWAH INI ! 

HASIL DI FOTO DIKIRIM DI CLASSROOM


Edo mengumpulkan data sebagai berikut :

1. 


2. 

3.

Banyaknya  yang mengetahui rambu nomer 1 =  8 siswa
Banyaknya yang mengetahui rambu nomer  2 =   6 siswa
Bayaknya yang mengetahui rambu  nomer  3 =    10 siswa

-------------------------------------------------------









TUGAS 2 : PR  DIKIRIM SENIN PAGI, TANGGAL 26 APRIL 2021

Supaya menarik supaya menarik
Pilihlah gambar salah satu dari gambar di bawah ini !

\




------------------------------------------------------------


Jangan lupa untuk kirimkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom

Belajar hari ini sudah selesai. Yuk baca doa setelah belajar!
(Robbanan-fa’naa bimaa ‘allamtanaa alladzii yanfa’unaa wazidnaa ‘ilman walhamdulillaahi ‘alaa kulli haal).

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Ingat untuk selalu bersyukur ya Nak! Jangan lupa melaksanakan shalat teraweh nanti malam ya! Terima kasih,
sampai jumpa besok!
 #salamsemnagat #
salamkompak #PHBS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan