Langsung ke konten utama

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 6

Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Anak-anak apa kabar hari ini? 
Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Selamat pagi,? 
Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya ... (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman).

Tema 8 : Praja Muda arana
Sub Tema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 5

A. Kompetensi Dasar

1. Bahasa Indonesia

3.9   Mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual

4.9  Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta  bentuk visual dan tulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif. 


2. PPKn


1.1. Menerima simbol sila-sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila” sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di rumah

 2.1 Menerima sikap sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” di rumah

 3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

 4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara


3. Matematika


3.12  Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki                                                 

4.12   Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki

 

B. Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah membaca teks, siswa dapat menceritakan makna simbol-simbol pramuka dengan benar.
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar.
  3. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan perilaku sehari-hari yang sesuai dengan arti simbol-simbol sila Pancasila dengan benar

Udin pemimpin kelompok barung biru. Udin memimpin teman-temannya mendirikan tenda untuk berkemah. Udin membagi tugas kepada semua anggota kelompok. Pembagian tugas dilakukan secara adil dan merata. Udin membagi tugas sesuai dengan keterampilan anggota kelompok. Semua anggota kelompok mengerjakan dengan senang dan gembira. Semua anggota mengerjakan pekerjaan secara mandiri.


Udin membagi tugas secara adil kepada semua anggota kelompok. Pembagian tugas disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki anggota. Udin sudah melaksanakan pengamalan sila kelima Pancasila. Sila kelima Pancasila berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Lambang sila kelima berupa padi dan kapas.

Ayo Berlatih
Perhatikan perilaku sehari-hari berikut! Tarik garis untuk menghubungkan dengan lambang sila Pancasila yang sesuai!
Pengamalan Pancasila
  1. Bermain dengan semua teman tanpa pilih-pilih = Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  2. Mengerjakan tugas kelompok = Persatuan Indonesia
  3. Mendiskusikan kegiatan yang akan dilaksanakan = Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  4. Membantu teman yang kesulitan dan mendengarkan pendapatnya = Kemanusiaan yang adil dan beradab
  5. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan = Ketuhanan Yang Maha Esa

Berikan contoh sikap yang menunjukkan kamu adil terhadap teman-temanmu!
Contoh sikap adil diantaranya adalah mengajak bermain dengan semua teman, memberikan kesempatan yang sama kepada semua teman, dan membagi tugas sesuai kemampuan teman.

Anggota pramuka yang sudah berlatih diberikan tanda kecakapan khusus. Hal itu termasuk salah satu sikap adil.

Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut!
Berkemah
Beri tanda centang (✔) pada tanda pramuka yang dapat kamu temukan pada gambar sebelumnya!
Beri tanda centang (✔) pada tanda kecakapan khusus yang bisa diterima anggota pramuka pada gambar sebelumnya!

Buatlah cerita singkat berdasarkan gambar tersebut!
Pramuka siaga SD Cendekia akan mengadakan kegiatan berkemah. Semua anggota barung mengerjakan tugasnya masing-masing. Beberapa orang anggota mendirikan tenda dengan bantuan Yanda dan Bunda. Anggota barung perempuan membantu yanda menyiapkan makanan. Mereka saling bekerja sama sehingga kegiatan berjalan dengan lancar.

Ada syarat kecakapan umum wajib yang harus dipenuhi anggota pramuka. Syarat tersebut tercantum dalam sebuah buku. Buku itu disebut buku syarat kecakapan umum. Buku syarat kecakapan umum disingkat buku SKU. Isi kecakapan pada SKU kelompok siaga dan kelompok lainnya berbeda.

Apakah buku SKU tersebut berbentuk persegi atau persegi panjang?
Mengapa? Jelaskan!
Buku SKU Siaga berbentuk persegipanjang karena bangun segi empat dengan sisi yang berhadapan sama panjang, dan memiliki empat sudut siku-siku

Siti memiliki beberapa tanda pengenal seperti berikut.
Tanda Pramuka
Tanda jabatan berbentuk persegi panjang.
Tanda barung berbentuk segitiga.
Tanda pandu sedunia berbentuk persegi.
Apakah kamu tahu perbedaan ketiga bentuk tersebut?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan