Langsung ke konten utama

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5

Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,


Selamat pagi,? 
Anak-anak apa kabar hari ini? 
Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya ... (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman).

Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 


Tema 8 : Praja Muda arana
Sub Tema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 5

A. Kompetensi Dasar

1. Bahasa Indonesia

3.9   Mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual

4.9  Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta  bentuk visual dan tulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif. 


2. PPKn


1.1. Menerima simbol sila-sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila” sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di rumah

 2.1 Menerima sikap sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” di rumah

 3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

 4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara


3. Matematika


3.12  Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki                                                 

4.12   Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki

 

B. Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah membaca teks, siswa dapat menceritakan makna simbol-simbol pramuka dengan benar.
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar.
  3. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan perilaku sehari-hari yang sesuai dengan arti simbol-simbol sila Pancasila dengan benar


Siti berlatih agar dapat menjahit dengan mandiri. Siti rajin berlatih menjahit. Siti berlatih menjahit tanda pengenal pramuka. Ibu Siti membimbing Siti menjahit.

Edo berlatih agar dapat membersihkan rumah dengan mandiri. Edo sedang membersihkan rumah bersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan kaca meja.

Lani berlatih agar dapat memasak secara mandiri. Lani sedang membantu Ibu memasak. Lani memperhatikan cara ibu memasak.

Udin berlatih agar dapat menabung di bank secara mandiri. Udin pergi ke bank bersama ayah. Udin memperhatikan cara ayah menabung di bank. Semua anak berlatih mandiri. Semua anak berlatih mengerjakan segala sesuatu sendiri. Semua anak menjadi orang yang mandiri.


Ayo Berlatih
Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapatkan tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus dapat terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga memiliki banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri.
Siti dan Lani
Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas! Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?

Tanda pengenal anda pengenal yang ada pada seragam pramuka yang dikenakan Lani dan Siti adalah tanda jabatan, tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.

Apa saja persamaan dan perbedaannya?
Tuliskan persamaan dan perbedaan pada tabel berikut!
PersamaanPerbedaan
Tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.Perbedaan: tanda jabatan

Ayo Berlatih
Siti memiliki tanda jabatan berbentuk persegi panjang. Mari, mengenal sifat persegi panjang melalui
kegiatan berikut ini! Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifat dari bangun persegi panjang! Siapkan tali untuk mengukur panjang sisi persegi panjang! Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!
Persegi Panjang
Ukur sisi AB menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi BC menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi CD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi DA menggunakan tali, lalu potong.
Tempelkan tali pada tabel berikut
SisiPotongan Tali
AB
Persegi
BC
CD
DA

Apa yang kalian temukan?...
Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.
Lalu, ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku-siku!
Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A = sudut B  = sudut C  = sudut D.

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan sebelumnya!  
Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi panjang.
  1. Apakah persegi panjang merupakan bangun segi empat? (Ya)
  2. Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya? (Sisi yang berhadapan memiliki ukuran yang sama)
  3. Bagaimana ukuran besarnya sudutnya?..(Semua sudut sama besar, yaitu 4 pojok siku-siku)
  4. Buatlah simpulan sifat persegi panjang dari kegiatan tersebut!
Kesimpulan :
Persegi panjang adalah bangun segi empat dengan sisi yang berhadapan sama panjang, dan memiliki empat sudut siku-siku.

Kegiatan menentukan sifat persegi panjang dapat dilakukan secara berkelompok. Bekerja sama dengan teman satu kelompok sangat menyenangkan. Pekerjaan menjadi terasa lebih mudah. Pekerjaan juga dapat dikerjakan lebih cepat.

Anggota pramuka dilatih memiliki keterampilan secara berkelompok. Contoh keterampilan secara berkelompok yaitu mendirikan tenda. Saat mendirikan tenda perlu kerja sama. Anggota pramuka dilatih agar dapat bekerja sama. Anggota pramuka dilatih untuk saling menghargai. 

Bekerja sama dan saling menolong. termasuk pengamalan sila ke tiga Pancasila. Bunyi sila ketiga adalah persatuan Indonesia. Lambang dari sila ketiga Pancasila adalah pohon beringin.
Ayo Membaca
Persatuan Indonesia
Sekelompok anggota pramuka sedang bermusyawarah. Mereka bermusyawarah, mendiskusikan penyelesaian suatu masalah. Mereka mencari cara untuk menghindari banjir di lingkungan sekolah. Mereka berdiskusi dengan baik. Semua anggota menyampaikan pendapat. Mereka setuju mengadakan kegiatan membersihkan selokan di lingkungan sekolah. Sikap mereka menunjukkan sikap pengamalan dari sila Pancasila.

Bermusyawarah merupakan pengamalan sila ke empat Pancasila. Bunyi sila keempat Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan. Saat bermusyawarah, semua anggota diberi kesempatan memberikan pendapat. Semua anggota saling menghargai pendapat yang dikemukakan. Mereka mengamalkan sila kedua Pancasila. Bunyi sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.

Semua peserta musyawarah melaksanakan hasil kesepakatan. Mereka bekerja sama membersihkan selokan sekolah. Bekerja sama merupakan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah persatuan Indonesia.

Ayo Berlatih
Warnailah bagian perisai lambang negara berikut ini!
Warnailah sesuai dengan sila Pancasila!

Isilah tabel berikut dengan benar!
Sikap/PerilakuPengamalan dari Sila Pancasila
LambangBunyi
BeribadahBintangKetuhanan Yang Maha Esa
Memberi bantuan kepada orang yang kesulitanRantaiKemanusiaan yang Adil dan Beradab
Memberi kesempatan semua anggota tampilPadi dan KapasKeadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mendamaikan teman yang sedang berselisihKepala BantengKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan
perwakilan
Membersihkan kelas bersama-samaPohon BeringinPersatuan Indonesia

Apakah kamu pernah melakukan salah satu sikap tersebut di atas? Coba tuliskan pengalamanmu! Tuliskan pula sila Pancasila yang sesuai dengan pengalamanmu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan