Langsung ke konten utama

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3


Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Selamat pagi,? 
Anak-anak apa kabar hari ini? 
Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya ... (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman).

Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 


Tema 8 : Praja Muda Karana
Sub Tema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran :
  1. Setelah membaca teks, siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks yang dibaca dengan benar. 
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memberi contoh bangun datar dengan sifat-sifat tertentu melalui gambar dengan benar.
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.

Mandiri Mengerjakan Pekerjaan Rumah Udin anggota pramuka yang rajin dan mandiri. Udin selalu merapikan kamar tidur sendiri. Udin mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri.

Udin juga menyiapkan peralatan sekolah secara mandiri. Udin juga rajin membantu orang tua. Udin sudah dapat membersihkan rumah. Udin juga suka membantu pekerjaan Ibu di dapur. Udin juga sudah dapat menjahit atribut pramuka dengan bantuan Ibu. Udin cakap dan mandiri melakukan berbagai kegiatan.

Udin mendapat tanda khusus karena cakap dalam berbagai bidang. Tanda kecakapan khusus merupakan salah satu tanda pengenal pramuka. Selain tanda khusus, ada juga tanda umum. Tanda umum digunakan oleh seluruh anggota pramuka.

Tanda umum pramuka diantaranya; tanda tutup kepala dan tanda pelantikan. Ada juga setangan leher, tanda harian, tanda WOSM atau tanda pramuka sedunia.

Ada berbagai macam tanda kecakapan khusus (TKK). Tanda kecakapan khusus wajib sepuluh buah. Berikut ini sepuluh tanda kecakapan khusus
TKK
Tanda kecakapan khusus diberikan untuk menambah semangat anggota pramuka. Tanda kecakapan khusus bertujuan untuk melatih keterampilan serta kemandirian.

Ayo Berlatih
Perhatikan kembali bacaan di atas.
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan bacaan!

1. Lingkari tanda kecakapan khusus yang sudah dimiliki Udin!
TKK
2. Lingkari gambar yang termasuk tanda kecakapan khusus!
TKK KHUSUS
3. Lingkari gambar yang termasuk tanda kecakapan umum!
TKU
Sekarang perhatikan gambar Siti berikut!

Jelaskan tanda pengenal kepramukaan yang dimiliki Siti! Jelaskan pula kecakapan khusus yang dimiliki Siti!
Siti
Tanda kecakapan khusus diantaranya tanda menjahit, tanda menabung, dan tanda memasak. Tanda kecakapan umum diantaranya tanda tutup kepala, tanda setangan leher, dan tanda pelantikan.

Bentuk dan tingkatan tanda kecakapan khusus setiap kelompok pramuka berbeda. Untuk pramuka siaga berbentuk segitiga dan hanya satu tingkatan. Untuk pramuka penggalang ada tiga tingkatan dengan bentuk yang berbeda. Tingkat purwa berbentuk lingkaran. Tingkat madya berbentuk persegi. Tingkat utama berbentuk segilima.

Berikut contoh gambar TKK menabung sesuai tingkatan.
Tingkatan TKK

Ayo Berlatih
Masih ingatkah kalian dengan bentuk bangun datar? Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifat persegi! Siapkan tali untuk mengukur sisi persegi! Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!
Persegi 1
Ukur sisi AB menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi BC menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi CD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi DA menggunakan tali, lalu potong.
Tempelkan tali pada tabel berikut
SisiPotongan Tali
AB
Persegi
BC
CD
DA

Amati potongan tali!
Apa yang kalian temukan?
Panjang sisi AB = BC = CD = DA.
Lalu, ukur semua sudut persegi menggunakan pojok siku-siku!

Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A  = sudut B  = sudut C = sudut D.
Lakukan kegiatan yang sama untuk persegi 2 dan persegi 3!

Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi.
1. Apakah persegi merupakan bangun segi empat? (ya)
2. Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya?(Panjang sisi persegi sama panjang)
3. Bagaimana ukuran besar sudutnya?(Keempat sudut persegi sama besar )

Buatlah simpulan sifat persegi dari kegiatan tersebut!
Persegi adalah bangun segi empat dengan keempat sisi memiliki ukuran panjang yang sama, dan memiliki empat sudut dengan ukuran yang sama pula

Tanda kecakapan khusus terdiri atas lima bidang. Setiap bidang memiliki warna khusus. Bidang agama berwarna dasar kuning. Bidang patriotisme dan seni budaya berwarna dasar merah. Bidang ketangkasan dan kesehatan berwarna dasar putih. Bidang keterampilan dan teknik pembangunan berwarna dasar hijau. Bidang sosial berwarna dasar biru.

Kemampuan menari tari daerah termasuk keterampilan khusus. Anggota pramuka yang dapat menarikan tari daerah dapat memperoleh tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus
menari termasuk kelompok bidang patriotisme dan seni budaya.

Mari, berlatih menari agar mendapatkan tanda kecakapan khusus!

Ayo Menari
Masih ingatkah kamu dengan tari Tempurung yang sudah dipelajari sebelumnya? Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih menari tari Tempurung!
  1. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke bawah belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan dalam barisan.
  2. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiri dan sebelah kanan. Tepukkan tangan secara bergantian sebanyak empat kali.
  3. Jalan ke kiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepukkan tangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat. Lakukan sebanyak dua kali.
  4. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkan tangan di sebelah kanan bawah. Tepukkan tangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.
  5. Jalan ke kiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.
  6. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke belakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan