Langsung ke konten utama

Tema 8, Subtema 1 - Pembelajaran 1 (Senin,19 April)

 

Assalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

------------------------------------------------------------------------

Tema 8 : Praja Muda Karana
Sub Tema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran :

  1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks yang dibaca  dengan benar.
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam bangun datar melalui gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan kombinasi gerak lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.

------------------------------------------------------------------------

MEMBACA NYARING

Perhatikan intonasi saat membaca!

Membaca nyaring adalah aktivitas yang menyenangkan, karena antara pembaca dan pendengar bersama-sama menangkap dan memahami informasi yang sedang dibaca. Membaca nyaring dapat juga dikatakan dengan membaca bersuara yang difokuskan pada tekanan kata, lagu kalimat atau intonasi, jeda, serta menguasai tanda baca.


AKU ANAK MANDIRI


Aku anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat bekerja secara
mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkan
peralatan sendiri. Aku menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri

Aku mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan celana atau rok. Baju dilengkapi dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus kaki, dan sepatu.

Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan. Aku
selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku mengerjakan tugas dan merapikan
kamar secara mandiri. Untuk dapat mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan
akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatih
mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman


1. Apa yang dimaksud dengan anak mandiri?
          Yang dimaksud anak mandiri adalah melakukan kegiatan sendiri tanpa bantuan orang lain.

2. Apa saja kegiatan yang dapat aku lakukan secara
mandiri?
            - Menyiapkan peralatan sekolah sendiri

            - Mengenakan seragam sekolah sendiri

            - Mengerjakan tugas sekolah sendiri

            - Merapikan kamar sendiri


3. Apa saja nama-nama kelengkapan seragam

pramuka?

             Baju seragam

- Rok atau celana seragam

- Tutup kepala

- Setangan leher

- Ikat pinggang

- Kaus kaki

- Sepatu

- Tanda-tanda pramuka yang ada di baju


Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara
mandiri?
Berilah tanda centang (✔) pada kolom yang tepat


PERHATIKAN SERAGAM SIAGA PUTRA DAN SIAGA PUTRI BERIKUT INI


   :

perlengkapan seragam pramuka www.simplenews.me


   Persamaan seragam sekolah dengan seragam pramuka :
1. Memiliki nama peserta didik
2. Memiliki lambang/logo
3. Memiliki kelengkapan penutup kepala
4. Bagian bawah seragam berupa rok dan celana
5. Memiliki kelengkapan pada bagian leher
.


Perbedaan seragam sekolah dengan seragam pramuka :
1 Warna dasar seragam sekolah merah putih, sedangkan pramuka coklat muda dan coklat           tua
2. Seragam pramuka memiliki badge daerah dan jabatan, seragam sekolah tidak memiliki.
3. Penutup kepala seragam sekolah berupa topi, penutup kepala pramuka berupa baret
4. Rok dan celana seragam sekolah berwarna merah hati, rok dan celana seragam pramuka       berwarna cokelat tua.
5. Seragam sekolah menggunakan dasi, seragam pramuka menggunakan setangan leher.


Perhatikan pula tanda/atribut yang dikenakan seperti gambar berikut ini.

Atribut Pramuka

Perhatikan bentuk tanda pramuka tersebut. Bentuk tanda pramuka merupakan bentuk bangun datar. Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang


Lingkaran :
1.    Tanda kecakapan khusus Purwa
2.    Lambang pandu sedunia untuk putri
3.    Tanda pelantikan putri


Persegi :
1.    Tanda pelantikan putra
2.    Lambang pandu sedunia untuk putra
3.    Tanda kecakapan khusus Madya


Persegi Panjang :
1.    Tanda jabatan
2.    Papan nama
3.    Nomor gudep


Segi Tiga :
1.    Tiga barung


Pohon kelapa dipilih menjadi lambang pramuka karena banyak manfaatnya. Anggota pramuka juga harus bermanfaat untuk orang lain.
Salah satu bagian kelapa yang dapat dimanfaatkan yaitu tempurungnya kelapa. Tempurung kelapa digunakan untuk membuat kerajinan. Tempurung kelapa dapat dijadikan hiasan, alat permainan, juga alat menari.


                            TARI TEMPURUNG

1.Gerakan Tangan

Tepuk satu kali di sebelah kiri dan kanan secara bergantian. Posisi tangan sejajar dengan bahu..

Tari Bathok


Tepuk satu kali di sebelah kiri bawah.
Tepuk satu kali di sebelah kanan bawah.
Tepuk satu kali di sebelah kiri atas.
Tepuk satu kali di sebelah kanan atas. Lakukan sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan gerakan sebanyak tiga kali.


2.Gerakan Kaki dan Tangan

Gerakan Tangan
1. Satu langkah ke kiri dan satu langkah ke kanan. Lakukan gerakan sampai empat kali. Pada langkah kedua dan keempat tepukan tempurung.
2. Letakan kaki kanan di depan. Tepukkan tempurung satu kali di depan
3. Letakkan kaki kiri di depan. Tepukkan tempurung satu kali di belakang.

 3.Gerakan Kepala

Gerakan Kepala


Kepala menoleh ke kiri, tepukkan tempurung di sebelah kanan. Kemudian lakukan gerakan sebaliknya. Kepala menoleh ke kanan, tepukkan tempurung di sebelah kiri.

 

     Saksikan video ini dengan seksama agar kalian dapat mengikuti gerakan tersebut


---------------------------------------------------------

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. 
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 
Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa......

 Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan