Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3 (Senin,29 Maret 2021)


Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 4     : Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran       : 3

Kompetensi Dasar :
Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.
  • 4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

SBdP
  • 3.4. Menjelaskan teknik potong,lipat dan sambung dalam membuat karya seni rupa.  
  • 4.3 Menentukan alat yang digunakan untuk membuat karya dengan teknik potong,lipat,dan sambung
Matematika
  • 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar
  • 4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar

Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan mencermati kata-kata pada teks, siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi transportasi. 
  2. Dengan membaca uraian, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu. 
  3. Dengan merancang, siswa dapat membuat karya keterampilan dengan gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dengan rapi

 Perjalanan dengan Kereta

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.

Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalu lalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. Udin melihat semuanya dari jendela kereta.

Udin sangat bersyukur dapat menikmati perjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon.

Ayo Mengamati
Udin mengetahui jenis-jenis alat transportasi. Salah satunya kereta api. Udin mengingat kembali alat transportasi yang sudah ia ketahui. Bantulah Udin dengan mengisi tabel berikut ini!

Alat Transportasi
DaratAirUdara






Ayo Menulis

Bacalah kembali teks “Perjalanan dengan Kereta”. Temukan kata-kata baru pada teks! Tuliskan lima kata baru itu pada tabel! Lalu, buatlah kalimat dengan kata-kata baru itu!
Contoh :

No.Kata BaruKalimat
1.StasiunKereta api berhenti di stasiun.
2.PeronPenumpang menunggu kereta di peron.
3.ToiletDalam gerbong pesawat terdapat toilet
4.MasinisKereta api dijalankan oleh seorang masinis
5.TiketSebelum naik kereta sebaiknya membeli tiket terlebih dahulu

Ayo Mencoba
Udin dan keluarganya menunggu kereta di dekat peron. Peron adalah pelataran tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?

Keliling kursi peron: 250 + 50 + 250 + 50 = 600 cm

Ayo Berlatih
Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!
Keliling Bangun
Berapakah keliling masing-masing bangun datar di atas?
 ( keliling = sisi + sisi + sisi + sisi )

Ayo Mengamati
Ayo buat mobil kreasimu.
Alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat mobil kreasimu? Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam membuat mobil kardus?
Mobil Kardus Hasil Kreasiku
Alat dan bahanKegiatan yang Dilakukan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas, 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lemMemotong kardus, memotong kertas dan menempelnya, dan melipat
potongan kardus bagian belakang 

Ayo Berkreasi
Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil? Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini!

Peralatan yang dibutuhkan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem

Langkah-langkah pembuatan
Membuat Mobil
  1. Siapkan peralatan.
  2. Selotip dengan rapat bagian kardus yang terpotong dengan rapat.
  3. Buat pola pintu mobil pada bagian samping kanan dan kiri kardus.
  4. Potong garis pintu seperti pada gambar.
  5. Buat pola kaca depan pada bagian atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bagian sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.
  6. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada kaca depan. Lalu tempel bagian kaca depan.
  7. Kelebihan kardus pada bagian belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk seperti sandaran kursi mobil.

Amatilah cara membuat kerajinan di atas! Kegiatan apa saja yang kamu lakukan? Kegiatan yang dilakukan dalam membuat kerajinan:
  1. Memotong Kardus
  2. Memotong kertas dan menempelkan
  3. Melipat kardus bagian belakang
  4. Membuat pola pintu mobil


Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu sudah berkreasi membuat mobil. Lanjutkanlah kreasimu dengan menghias mobilmu menjadi mobil yang indah.

Alat dan bahan menghias mobil
Pisau, gunting, selotip, lem, piring kertas 4 buah, penggaris, spidol, stik es krim, lem, cat air, kuas, dan tutup botol. (Kamu dapat memanfaatkan barang bekas di sekelilingmu).

Ikuti langkah-langkah berikut!
Mobil
  1. Warnai mobil dengan warna kesukaanmu. Beri lampu dan hiasan depan.
  2. Beri lampu dengan menempelkan tutup botol.
  3. Hias dengan menempelkan stik es krim
  4. Tambahkan roda. Gunting piring kertas dengan ukuran yang sesuai. Tempelkan pada sisi kiri dan kanan seperti pada gambar.
  5. Tambahkan hiasan. Kamu dapat menggunakan kertas putih yang telah diwarnai.
  6. Mobil siap dipasarkan.

Selain berkreasi membuat mobil, kamu juga bisa berkreasi membuat alat transportasi lain. Gunakan barang-barang yang ada di sekitarmu. Berkaryalah dengan sungguh-sungguh

Tugas:
1. Hituglah keliling bangun datar A-F pada halaman 187 - 188. 

2. PR Karya Senin: Buat dan hiaslah mobil-mobilan bikinan kalian sendiri. Liat cara pembuatan nya di buku halaman 173 dan 189. ( Terakhir pengumpulan karya seni ,Senin tanggal 5 April 2021)


Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom.

Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan