Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 1 (Kamis, 25 Maret 2021 )

  Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 4     : Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran       : 1

Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia 
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • 4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
SBdP
  • 3.4. Menjelaskan teknik potong,lipat dan sambung dalam membuat karya seni rupa.  
  • 4.3 Menentukan alat yang digunakan untuk membuat karya dengan teknik potong,lipat,dan sambung
Matematika
  • 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar
  • 4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks bacaan tentang “Alat Transportasi”, siswa dapat mengindentifikasi gagasan pokok dari teks tentang perkembangan teknologi transportasi.
  2. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.

TEKNOLOGI TRANSPORTASI

    Transportasi memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia. Transportasi memudahkan manusia untuk berpindah tempat dengan cepat dan aman. selain itu,perkembangan teknologi trasportasi membuat perpindahan manusia ke sebuah tempat menjadi lebih hemat tenaga.

    Alat trasportasi dibedakan menjadi tiga,yaitu alat trasportasi darat, laut, dan udara. Zaman dahulu, manusia berpindah tempat dengan berjalan kaki. Namun, seiring perkembangan zaman, manusia mulai berpindah tempat dengan bantuan hewan, seperti kuda, pedati, dan delman. Kini jalur trasportasi darat telah berkembang dengan adanya kendaran bermesin, seperti sepeda motor, mobil, bus, dan kereta api.

    Pada trasportasi laut, digunakan perahu dayung, rakit dan perahu layar untuk menyebrangi perairan, baik sungai maupun laut. Perahu dayung dan rakit digerakaan dengan tenaga manusia. Sementara itu, perahu layar digerakan dengan bantuan tenaga angin. Kini teknologi semangkin berkembang. Dengan ditemukannya mesin bermotor, manusia kini menggunakan perahu motor dan kapal sebagai alat trasportasi air.

    Untuk trasportasi udara, dahulu manusia menggunakan balon udara. Pada masa-masa selanjutnya, ilmu pengetahuan manusia semangkin berkembang. Mereka menciptakan pesawat terbang untuk memudahkan trasportasi melalui udara. Pesawat terbang memudahkan berpindah negara, bahkan benua.


Berlibur di Rumah Paman
Saat liburan sekolah, Beni mengunjungi rumah paman. Rumah paman Beni di Manado. Manado adalah ibu kota Sulawesi Utara. Manado memiliki beberapa pulau yang memesona

Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan mengendarai bendi. Bendi adalah alat transportasi tradisional Manado. Orang Manado menggunakan bendi sejak dahulu. Di Pulau Jawa, bendi dikenal dengan delman atau dokar. Bendi adalah alat transportasi sederhana yang ditarik kuda.

Beni melihat orang Manado menggunakan bermacam-macam alat transportasi. Ada yang bersepeda dan mengendarai mobil pribadi. Ada juga yang mengendarai sepeda motor. Sebagian besar orang Manado menggunakan angkutan kota.

Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian mengalami perubahan. Dulu, orang bepergian dengan menggunakan bendi. Saat ini orang bepergian dengan menggunakan alat transportasi modern. Beni pergi ke Manado menggunakan mobil dan pesawat. Alat transportasi apa saja yang pernah kamu gunakan?



Ayo Mengamati
Bacalah kembali teks “Berlibur di Rumah Paman” dengan teliti! Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!
Setelah di lihat pada teks bacaan, isi cerita dari setiap paragraf menjadi seperti bawah ini.
Isi Cerita
Paragraf 2Pargraf 3Paragraf 4Paragraf 5
Saat liburan sekolah,
Beni mengunjungi rumah
paman.
Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan
mengendarai bendi
Beni melihat orang Manado menggunakan
bermacam-macam alat transportasi
Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian
mengalami perubahan



Ayo Bercerita
Perhatikan gambar di bawah ini! Urutkan perkembangan cara orang bepergian! Urutkan dengan memberi nomor pada kotak tersedia! 


Perkembangan Menggunakan Alat Transportasi
Transportasi
Pada jaman dahulu manusia bepergian ke berbagai tempat masih berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu transportasi. Selanjutnya manusia mulai menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Beberapa jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi manusia antara lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai

Selanjutnya manusia menggunakan hewan sebagai penarik kendaraan.  Sebelum belum mengenal mesin apalagi bahan bakar. manusia menggunakan kereta yang ditarik oleh hewan. Salah satu contohnya adalah delman.

Setelah mengenal mesin dan bahan bakar manusia mulai menggunakan kendaraan bermesin. Salah satu contohnya adalah mobil. Mobil dapat bergerak lebih cepat jika dibandingkan dengan delman. Mobil digerakkan oleh mesin dan bahan bakar.

Setelah mengenal mobil manusia masih membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat dibanding mobil yaitu pesawat terbang. Dengan pesawat terbang manusia dapat bepergian lebih jauh.

Ayo Mengamati
Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil? Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini!

Peralatan yang dibutuhkan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem

Langkah-langkah pembuatan
Membuat Mobil
  1. Siapkan peralatan.
  2. Selotip dengan rapat bagian kardus yang terpotong dengan rapat.
  3. Buat pola pintu mobil pada bagian samping kanan dan kiri kardus.
  4. Potong garis pintu seperti pada gambar.
  5. Buat pola kaca depan pada bagian atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bagian sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.
  6. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada kaca depan. Lalu tempel bagian kaca depan.
  7. Kelebihan kardus pada bagian belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk seperti sandaran kursi mobil.

Amatilah cara membuat kerajinan di atas! Kegiatan apa saja yang kamu lakukan? Kegiatan yang dilakukan dalam membuat kerajinan:
  1. Memotong Kardus
  2. Memotong kertas dan menempelkan
  3. Melipat kardus bagian belakang
  4. Membuat pola pintu mobil

Ayo Berkreasi
Siapkanlah peralatan untuk membuat karya! Ikuti langkah-langkah pada gambar! Mintalah bantuan gurumu jika menemui kesulitan!

Ayo Mencoba
Amatilah bangun datar pada mobil kardus buatanmu! Bangun datar apa saja yang kamu temukan? Sebutkan!

Perhatikan gambar kaca depan mobil! Berapa ukurannya? Jika kamu akan menghias kaca mobil dengan pita, berapa panjang pita yang kamu butuhkan untuk menghias seluruh tepi kaca?

Mari kita hitung:
… cm + … cm + … cm + … cm = 

Jawaban:
20cm + 10cm + 20cm + 10cm = 60cm

Panjang pita yang mengelilingi tepi kaca mobil adalah keliling kaca mobil.

Tugas :
Amati bangun datar berikut! Berapa kelilingnya?
(Gambar ada dihalaman 176)



Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom.

Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan