Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 4 Subtema 4 ( Rabu, 31 Maret 2021 )

 Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

------------------------------------------------------------------------

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 4     : Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran : 5

Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menuliskan manfaat teknologi transportasi bagi kehidupan manusia.
  2. Dengan memahami keberagaman, siswa dapat menuliskan saran berkaitan dengan adanya keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
  3. Dengan membaca uraian permasalahan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.



 PERKEMBANGAN ALAT TRANSPORTASI


    Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan di jalan raya dan di atas rel.

    Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan di atas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh.

    Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal.

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. 

    Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara.Alat transportasi terus berkembang.

    Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain.Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anakanak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.


BERPERGIAN DENGAN ALAT TRANSPORTASI

Pergi dengan Alat Transportasi www.simplenews.me

Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta.

Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya membuat udara kotor.

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta.

Amati kembali teks bacaan Pergi Dengan  Alat Transportasi, informasi apa saja yang kamu dapatkan pada teks bacan tersebut ?

Tuliskan pada bagan berikut bersama Ayah dan Bunda di rumah. Halaman  199

informasi teks Pergi dengan Alat Transportasi www.simplenews.me




Setiap orang memiliki alat transportasi yang disukai. Setiap orang juga memiliki alat transportasi yang tidak disukai.
Apakah kamu dapat memaksa temanmu menyukai alat transportasi yang tidak disukainya?
Apa yang akan terjadi jika kamu memaksa?
Apa yang akan terjadi jika kamu tidak memaksa?


Dengan mengharga iperbedaan yang ada mulai suku, budaya, agama,derajat, pekerjaan, dan lain sebagainya, maka ini menjadi cara yang baik untuk menciptakan persatuan yang tetap utuh meski ada banyak perbedaan dalam bangsa Indonesia


Setiap orang menggunakan alat transportasi yang disukainya. Alat transportasi kesukaan orang berbeda-beda..Sebaiknya jika berpergiani dengan keluarga ,naik alat transportasi yang paling banyak disukai dan pergi bersama-sama. Dengan naik kendaraan bersama-sama akan semakin mempereat persatuan dan kesatuan dalam keluarga.



Dalam perjalanan menuju Manado, Beni mengamati pesawat yang ditumpanginya.

Beni mengamati televisi pesawat, jendela, pintu, dan lainnya.

Semua berbentuk bangun datar. Beni berpikir berapa keliling masing-masing bangun datar yang ia jumpai di pesawat?


CONTOH SOAL DAN PENYELESAIANNYA --->


Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!

1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan 

lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan?

Panjang bingkai = keliling televisi.


Jawaban

A - B = C - D = 25 cm (Panjang)

A - D = B - C = 20 cm (Lebar)

Maka rumus mencari keliling persegi panjang: 

       Keliling Persegi panjang  =  

cara ke 1 -->        (  2 x P  )+ ( 2 x l )  

cara ke 2 -->      2 x ( P x L ) 

cara ke 3 -->     P + P + L + L 

Pengerjaan nya  seperti dibawah ini.

Keliling Televisi    

Cara ke 1---- >     = ( 2 x  panjang ) +  (  2 x Lebar ) 

                             = ( 2 x 25 ) + ( 2  x  20 )                 

                             = 50 + 40                                        

                             = 90 cm                                          


Atau 

Cara ke 2 ----> = 2 x ( Panjang+ Lebar )                

                        = 2 x ( 25cm + 20cm  )                    

                        = 2 x 45 cm = 90 cm                        

atau 

Cara ke 3 ---->  = 25 + 20 +25 +20 = 90 cm


TUGAS 1 .

Kerjakan dan gambar bangunnya seperti contoh di atas !  Halaman 202


1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan?

Panjang bingkai = keliling televisi.


2. Pesawat dilengkapi banyak jendela. Jendela pesawat berbentuk persegi panjang. Lebar 15 cm dan panjang 30 cm. Jika sekeliling jendela ingin diberi karet pelindung, berapa panjang karet yang dibutuhkan?


3.Pintu pesawat berbentuk persegi panjang. Lebarnya 90 cm dan tingginya 230 cm. Berapakah keliling pintu pesawat?


4.Pramugari memberi tisu sebelum kami makan. Tissu berbentuk persegi. Setiap sisi panjangnya 45 cm. Berapakah keliling tissu?


TUGAS 2 

Hitung keliling bangun di bawah ini !


Nah untung penyelesaian soal seperti dibawah ini kalian bisa menghitung banyk sisi nya dari bangun datar nya, lalu panjang sisi nya dijumlahkan sesuai dengan banyaknya sisi.

Contohnya: 

Ada bangun sisi berbentuk, segi enam. Setiap sisi panjangnya 5 cm. Berapa keliling bangun tersebut ?


Penyelesaiannya ---> Segi enam = memiliki 6 sisi. Panjang setiap sisi 5 cm

                                    = 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 30cm









Tugas :
1. Selesaikan soal pada halaman 202.
2. Hitunglah keliling bangun datar pada halaman 203.

Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom.


Ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini.
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa......

 Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

 #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan