Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 (Rabu, 24 Maret 2021)

 Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

------------------------------------------------------------------------

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 3 : Perkembangan Teknologi Komunikasi
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar :
Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • 4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Matematika
  • 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar 
  • 4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
PPKN
  • 1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar seabgai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 
  • 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
  • 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
  • 4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca teks “Alat Komunikasi Masa Kini”, siswa dapat memperoleh informasi mengenai alat komunikasi masa kini dengan tepat. 
2. Dengan membaca teks bacaan tentang media sosial, siswa dapat menemukan akibat dari adanya keragaman karakteristik individu terhadap perkembangan teknologi dengan tepat. 
3. Dengan mengamati cara mengukur keliling suatu bangun dalam centimeter blok, siswa dapat mengukur keliling suatu bangun dengan satuan sentimeter dengan benar.

---------------------------------------------------------------

Alat Komunikasi Masa Kini
Manusia membutuhkan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan dan informasi. Ilmu alat komunikasi berkembang agar manusia dapat berkomunikasi lebih mudah dan cepat.

Aplikasi penyampai pesan merupakan salah satu alat komunikasi yang mudah digunakan. Aplikasi
tersebut harus diunduh dalam ponsel, tablet, atau komputer. Yang termasuk ke dalam aplikasi
penyampai pesan antara lain Whatsapp, Facebook, dan Messenger.

Melalui aplikasi itu, kita dapat melakukan percakapan. Percakapan dapat dilakukan secara tertulis, pesan suara, maupun panggilan video. Percakapan bersifat pribadi. Hanya pengirim dan penerima pesan yang dapat mengetahui percakapan tersebut.

Penggunaan aplikasi penyampai pesan memiliki aturan khusus. Aturan secara umum adalah
pengguna harus berusia di atas 13 tahun. Jika pengguna adalah anak-anak, diperlukan pendampingan orang tua.


Setelah membaca dan memahami teks, dapatkah kamu menemukan macam-macam alat komunikasi masa kini? 

Ya, salah satu alat komunikasi masa kini contohnya adalah, Whatsapp. 
Whatsapp merupakan sebagai contoh alat komunikasi yang dapat digunakan sebagai pengirim pesan dan telefon.

------------------------------------------------------------------------------------------
Bacalah teks berikut!

Udin dan teman-teman menyimak cerita Aito tentang penggunaan alat komunikasi.

Aito sering menggunakan aplikasi penyampai pesan. Aito juga menggunakan media sosial dalam berkomunikasi.

Media sosial adalah media untuk berkomunikasi secara umum. Melalui media sosial, informasi dapat dibagikan kepada banyak orang. Siapapun bisa memberikan komentar dan pendapatnya.

Pendapat setiap orang tak selalu sama. Ada kalanya, kita menghadapi perbedaan pendapat. Jika tidak dapat menerima perbedaan akan terjadi pertengkaran.

Pertengkaran akan memicu perpecahan. Hal tersebut harus dihindari. Dengan menerima perbedaan, akan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita

Diskusikan hal yang akan terjadi akibat adanya keberagaman sikap terhadap perkembangan teknologi.

Akibat dari adanya keberagaman sikap pada setiap orang terhadap perkembangan teknologi tertulis sebagai berikut!

Akibat Perbedaan
Ayo Menulis
Tuliskan kembali akibat yang baik (positif) dan tidak baik (negatif) dari perbedaan sikap setiap orang pada keranjang berikut!
Akibat Buruk
Pertengkaran akan memicu perpecahan. Hal tersebut harus dihindari. Dengan menerima perbedaan, akan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita.

Ayo Mengamati
Bang Andi dan Aito sangat senang berjalan-jalan bersama Beni dan teman-temannya. Beni dan teman teman juga senang karena memperoleh ilmu yang banyak dari Bang Andi dan Aito.

Bang Andi dan Aito kuliah di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bang Andi menunjukkan berbagai alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Peralatan tersebut dinamakan gawai.

Pada umumnya gawai berbentuk persegi. Di sekeliling layarnya selalu ada bingkai. Bingkai tersebut sama seperti keliling pada suatu bangun datar.

Kita dapat mengukur keliling suatu bangun datar. Salah satu alat ukur yang dapat digunakan adalah salah satu alat ukur yang digunakan adalah menggunakan satuan panjang.

Satuan

TUGAS :
Hitunglah keliling bangun datar di bawah ini, ( hlm 167 )



Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom.

Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan