Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh
Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?
Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
------------------------------------------------------------------------
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 2 : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Sub Tema 2 : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar :
Matematika
- 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
- 4.9 Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
PPKN
- 1.3 Mesyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugrah Yang Maha Esa.
- 2.3 Menampilkan kebersanaan dala kebersnvana karakteristik individu di lingkungan sekitar.
- 3.3 Menjelaskan makna keberagamaan karakteristik individu dilingkungan sekitar.
- 4.3 Menyajikan makba keberagamaan karakteristik individu di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
- 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat
- 4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mencermati teks bacaan, siswa dapat menjelaskan manfaat teknologi
produksi sandang di lingkungan setempat dengan tepat.
2. Dengan menemukan perilaku yang harus dihindari dalam keberagaman, siswa
dapat menggambarkan perilaku yang harus dihindari agar tidak terjadi konflik
dalam keberagaman.
3. Dengan mencermati gambar, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang
memiliki simetri putar dengan menggunakan benda konkret.
------------------------------------------------------------------
Pakaian Profesi
Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.
Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.
Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.
------------------------------------------------------------------------
Edo dan teman-temannya sangat senang belajar tentang pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin memakai pakaian profesi sesuai cita-cita.
Setiap anak memiliki cita-cita. Mereka memiliki cita-cita yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter. Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.
------------------------------------------------------------------------
Edo dan teman-temannya mempunyai cita-cita yang berbeda. Perbedaan itu tidak membuat mereka berpecah belah. Mereka berbeda, tetapi tetap rukun.
Tetap bersatu dalam perbedaan | |
---|---|
Cita-cita teman laki-laki | Cita-cita teman perempuan |
Dokter, polisi, tentara, pilot, masinis | Perancang busana, penyiar, perawat, dan dokter |
Persamaan | |
Siswa laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki cita-cita. | |
Perbedaan | |
Mereka dapat memiliki cita-cita yang berbeda sesuai keinginannya. | |
Perbuatan yang harus dihindari | Perbuatan yang harus dilakukan |
|
|
Ayo Mencoba
Kamu sudah mempelajari bermacam-macam motif pada kain. Motif-motif itu berbentuk bangun datar.
Ayo kita berkreasi kembali dengan karton berbentuk bangun datar! Buatlah bentuk bangun datar dan bingkai bangun datarnya.
Apakah bentuk bangun datar yang kamu buat memiliki simetri putar? Lakukanlah percobaan dengan gembira!
Simetri putar adalah banyak putaran yang dapat dilakukan pada suatu bidang datar.Ayo Berlatih
Catatlah hasil percobaanmu pada tabel berikut! (Lihat di buku tema 7, halaman 113)
Beri tanda (✔) jika memiliki dan ( X ) jika tidak memiliki. Tuliskan banyak simetri putar jika ada!
Beri tanda (✔) jika memiliki dan ( X ) jika tidak memiliki. Tuliskan banyak simetri putar jika ada!
------------------------------------------------------------------------
Tugas :
1. Buat lah beberapa bentuk bangun datar, lalu amati simetri putar pada setiap bentuk bangun datar. Tuliskan banyak simetru putar pada tabel di halaman 113 dibuku Tema 7.
Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom.
Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa......
Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh
#salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu
Komentar
Posting Komentar