Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 (Senin, 8 Maret 2021)

 Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

------------------------------------------------------------------------

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 2 : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks dengan  tepat. (3.6,4.6).

2. Dengan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat. (3.9,4.9)

3. Dengan mencermati gerakan memintal dan menenun, siswa dapat mengidentifikasi  kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.(3.3,4.3)

--------------------------------------------------------------------------------


Setiap orang memiliki pakaian. Ada kemeja, kaos, dan blus. Ada celana panjang, celana pendek, dan rok. Mereka mengenakan pakaian untuk melindungi tubuh. Pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Tahukah kamu, bahan apa sajakah itu? Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi pakaian? Pakaian apa saja yang dihasilkan? 


Mari, kita pelajari bersama-sama!





Bahan Dasar Pakaian

Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.

Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai disiang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.

Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.




Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas.

Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang

yang menjaga apa yang dimiliki.

--------------------------------------------------------------------------------

Bacalah kembali teks “Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti!

Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari setiap paragraf? 


Perlu kalian ketahui! 

Bahwa didalam setiap paragraf, terdapat Ide pokok, Kalimat Utama, dan Kalimat Penjelas.

Mari simak penjelasan berikut :

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Sebuah ide pokok terletak pada kalimat utama.

Kalimat Utama adalah Kalimat utama merupakan kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah ide pokok. Kalimat utama dapat dilihat pada kalimat pertama dari setiap paragraf.

Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang menjelaskan kalimat utama. Dalam sebuah paragraf terdapat satu ide pokok serta beberapa kalimat penjelas yang menjelaskan tentang kalimat utama.

--------------------------------------------------------------------

Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif

pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa

motif yang ditemukan.



Manakah dari ke empat kain tersebut memiliki pola geometris ?

Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting

kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling

menutupi.

Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!



Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat,

disebut bentuk yang memiliki simetri lipat.

Cara Menentukan Simetri Lipat

Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan.

Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan membuat sumbu simetri. 

Yaitu, garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi

Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!

1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.

2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.

3. Lalu, buka lipatan kertas.

4. Buatlah garis pada bekas lipatan. 

Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?

Lebih jelas mari menyaksikan tayangan video di bawah i


---------------------------------------------------------------------

Udin bercerita tentang kain sutra ibunya. Kain ibu Udin dibuat dengan cara dipintal dan ditenun.

Dayu menanggapi cerita Udin. Ia memperagakan gerakan memintal dan menenun.

1. Gerakan memintal kapas

             


Posisi duduk, lutut kanan menekuk ke atas. Tangan kanan melakukan gerakan memutar kearah depan.Tangan kiri bergerak ke samping kiri. 8 × 1 hitungan.

2. Gerakan menenun 1

                                 

Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergeraklembut ke kanan atas dan bawah, lalu ke kiri atas dan bawah. Kepala bergerak mengikuti arah tangan 8 × 1 hitungan.

3.  Gerakan menenun 2

                                       

         

Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak kuat ke arah jari kaki, lalu bergerak lembut ke arah perut. Badan membungkuk saat tangan ke depan dan tegak saat tangan bergerak ke arah perut. 8 × 1 hitungan.

4. Gerakan menjemur

                                       


Posisi berdiri. Kedua tangan bergerak kuat ke kanan atas, lalu bergerak lembut ke kiri bawah. Lakukan berganti arah. Kepala bergerak mengikuti arah gerakan tangan. 8 × 1 hitungan



------------------------------------------------------------------------

Itulah uraian materi pempelajaran hari ini, kalian sudah memahami materi hari ini ?  

Silakan kerjakan tugas berikut :

1. Tulislah isi cerita dari setiap paragraf ! Buka buku tema halaman 64 (yg berbentuk bunga)

2.  Buatlah simetris lipat berbentuk layang-layang. Kalian bisa membuat nya dengan kertas koran, kertas HV ataupun kertas origami.
                                 



Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom
Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terh...

Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar (Tema 8 Subtema 3 )

  Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar Pernahkah kalian pergi ke suatu tempat yang belum kalian datangi sebelumnya? Biasanya, untuk bisa sampai ke tujuan tersebut, kalian akan bertanya kepada orang-orang yang ditemui agar letak tersebut bisa lebih jelas. Nantinya, kalian juga tidak hanya bertanya dengan orang-orang setempat saja. Kalian juga bisa dengan mudah menggunakan denah atau peta untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Pernahkah kalian melihat apa yang namanya denah itu sendiri? Apa pengertian dan fungsi atau manfaat denah bagi kita? Lalu, bagaimana cara membaca denah dengan baik dan benar? 1. Pengertian Denah Denah adalah suatu gambar yang menunjukkan letak kota, jalan atau tempat lain. Denah ini sendiri juga bisa memiliki arti sebagai gambar rancangan rumah dan juga bangunan. Di dalam kehidupan sehari-hari, denah juga memiliki fungsi untuk menggambarkan keadaan mengenai suatu tempat. Kita dengan membaca dan melihat denah bisa dengan mudah mengetahui ...

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2, (Senin, 19 April)

Assalamu‘alaikum wr.wb Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?  Alhamdulillah kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini, sebelumnya mohon maaf lahir bathin semoga pada bulan puasa ini ayah bunda semuanya sehat, sehingga dapat membimbing ananda dalam aktivitas di bulan Ramadhan istimewa ini.  Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, pembelajaran pada bulan Ramadhan akan mengkombinasikan pembelajaran tematik dengan pelaksanaan ibadah.  Ada pembiasaan perilaku baik, sholat, tadarus, doa, hafalan surat-surat pendek, mengenal dan meneladani kisah-kisah nabi, asmaul Husna. Sedangkan untuk ayah bunda yang kebetulan beragama non muslim, bentuk ibadahnya mohon disesuaikan, ya ayah bunda.  Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi a...