Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh
Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?
Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
------------------------------------------------------------------------
Sub Tema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
1. Dengan mengamati gambar-gambar berisi ragam pakaian adat dan makanan
Indonesia, siswa dapat mengenal ragam budaya Indonesia dengan baik.(3.3,4.3)
2. Melalui diskusi, siswa dapat menentukan sikap yang dapat diambil kala menghadapi
perbedaan dengan baik. (3.3,4.3)
3 Dengan membaca teks “Pengolahan Singkong” siswa dapat mengenal berbagai
macam makanan berbahan dasar singkong dengan baik.(3.6,4.6)
------------------------------------------------------------------------
PPKN
Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni. Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah Sunda.Edo memakai baju dari Papua. Dayu memakai pakaian adat Bali. Demikian pula dengan Beni, Siti, Lani, dan yang lainnya.
Mereka juga membawa makanan khas daerah.Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kue sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado. Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas Tionghoa.
Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di Indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal daridaerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.
Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah. Setiap daerah memiliki pakaian adat yang
beragam atau berbeda-beda. Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.
Perhatikan pula teks bacaan di atas!
• Apakah Udin dan teman-teman membawakan budaya dari daerah yang sama?
Jawaban nya : Tidak, karena mereka membawakan budaya dari daerah masing-masing. Udin membawa budaya Sunda, Edo dari Papua, Siti dari Minang, Dayu dari Bali dan Lani dari Tionghoa
• Apakah kita perlu mengenal dan memahami daerah-daerah lain di Indonesia?
Jawaban nya : Ya, kita perlu mengenal dan memahami daerah lain yg ada di Indonesia. Karena dengan mengenal daerah lain, kita dapat menghargai dan dapat menerima perbedaan antara budaya daerah kita dan daerah lain yg ada di Indonesia
------------------------------------------------------------------------
Pada perayaan kemerdekaan RI ke-72 yangbertempat di istana Merdeka, Presiden RI Joko
Widodo beserta para tamu undangan mengenakanpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.
Walau memakai pakaian yang berbeda, setiaporang saling menghargai perbedaan tersebut.
Dengan memahami perbedaan, kita telah menjagapersatuan dan keutuhan bangsa Indonesia
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks
tersebut:
• Apakah pakaian yang dikenakan oleh Bapak Presiden beserta para undangan menunjukkan keragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?
Jawab : Pakaian yang dipakai menunjukkan keragaman pakaian adat yang ada di Indonesia
• Apakah penting bagi kita untuk menghargai keragaman?
Jawab : sangat penting karena menghargai perbedaan , kita menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia.
--------------------------------------------------------------
Salah satu makanan yang disukai Udin dan temanteman adalah keripik singkong atau karupuak
sanjai yang dibawa oleh Siti. Beni pun ingin tahu lebih banyak tentang makanan yang menggunakan Bahan dasar singkong
contoh :
Komentar
Posting Komentar