Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 (Rabu, 3 Maret 2021)

 Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

------------------------------------------------------------------------

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 4

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mengamati gambar-gambar berisi ragam pakaian adat dan makanan

    Indonesia, siswa dapat mengenal ragam budaya Indonesia dengan baik.(3.3,4.3)

2. Melalui diskusi, siswa dapat menentukan sikap yang dapat diambil kala menghadapi

     perbedaan dengan baik.  (3.3,4.3)

 3  Dengan membaca teks “Pengolahan Singkong” siswa dapat mengenal berbagai

     macam makanan berbahan dasar singkong dengan baik.(3.6,4.6)

------------------------------------------------------------------------

PPKN

    Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni. Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah Sunda.Edo memakai baju dari Papua. Dayu memakai pakaian adat Bali. Demikian pula dengan Beni, Siti, Lani, dan yang lainnya. 

    Mereka juga membawa makanan khas daerah.Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kue sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado. Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas Tionghoa. 

    Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di Indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal daridaerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.


Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah. Setiap daerah memiliki pakaian adat yang

beragam atau berbeda-beda. Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.

Perhatikan pula teks bacaan di atas!

• Apakah Udin dan teman-teman membawakan budaya dari daerah yang sama? 

Jawaban nya : Tidak, karena mereka membawakan budaya dari daerah masing-masing. Udin membawa budaya Sunda, Edo dari Papua, Siti dari Minang, Dayu dari Bali dan Lani dari Tionghoa

• Apakah kita perlu mengenal dan memahami daerah-daerah lain di Indonesia?

Jawaban nya : Ya, kita perlu mengenal dan memahami daerah lain yg ada di Indonesia. Karena dengan mengenal daerah lain, kita dapat menghargai dan dapat menerima perbedaan antara budaya daerah kita dan daerah lain yg ada di Indonesia

------------------------------------------------------------------------



Pada perayaan kemerdekaan RI ke-72 yangbertempat di istana Merdeka, Presiden RI Joko

Widodo beserta para tamu undangan mengenakanpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Walau memakai pakaian yang berbeda, setiaporang saling menghargai perbedaan tersebut.

Dengan memahami perbedaan, kita telah menjagapersatuan dan keutuhan bangsa Indonesia

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks

tersebut:

• Apakah pakaian yang dikenakan oleh Bapak Presiden beserta para undangan menunjukkan keragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?  

Jawab : Pakaian yang dipakai menunjukkan keragaman pakaian adat yang ada di Indonesia

• Apakah penting bagi kita untuk menghargai keragaman? 

Jawab : sangat penting karena menghargai perbedaan , kita menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia.

--------------------------------------------------------------

Salah satu makanan yang disukai Udin dan temanteman adalah keripik singkong atau karupuak

sanjai yang dibawa oleh Siti. Beni pun ingin tahu lebih banyak tentang makanan yang menggunakan Bahan dasar singkong

Kalian bisa baca di buku tema 7 halaman 34.

Coba kalian perhatikan kalimat yg ditandai dengan warna kuning, Nah teks yg ditandai warna kuning tersebut adalah kalimat utama pada paragraf 1. 

Apa itu kalimat utama? 
Kalimat utama, ialah kalimat pertama yang ada di dalam paragraf, kalimat utama ditandai dari awal paragraf hingga bertemu tanda titik (.)



Coba amati gambar dibawah ini, menurut kalian yg mana makanan yang dihasilkan oleh teknologi pangan?

------------------------------------------------------------------------

Itulah uraian materi pempelajaran hari ini, kalian sudah memahami materi hari ini ?  

Silakan kerjakan tugas berikut :
1. Baca teks pada buku tema 7 halaman 34, Lalu tentukan kalimat utama dalam teks tersebut (kerjakan yg ada pada halaman 36, no. 1-3 )

2. Lalu buatlah daftar nama makanan dari daerah Indonesia yang terbuat dari bahan dasar singkong. Tuliskan sebanyak-banyak nya sesuai dengan yg kalian ketahui.
contoh :


Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom
Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terh...

Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar (Tema 8 Subtema 3 )

  Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar Pernahkah kalian pergi ke suatu tempat yang belum kalian datangi sebelumnya? Biasanya, untuk bisa sampai ke tujuan tersebut, kalian akan bertanya kepada orang-orang yang ditemui agar letak tersebut bisa lebih jelas. Nantinya, kalian juga tidak hanya bertanya dengan orang-orang setempat saja. Kalian juga bisa dengan mudah menggunakan denah atau peta untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Pernahkah kalian melihat apa yang namanya denah itu sendiri? Apa pengertian dan fungsi atau manfaat denah bagi kita? Lalu, bagaimana cara membaca denah dengan baik dan benar? 1. Pengertian Denah Denah adalah suatu gambar yang menunjukkan letak kota, jalan atau tempat lain. Denah ini sendiri juga bisa memiliki arti sebagai gambar rancangan rumah dan juga bangunan. Di dalam kehidupan sehari-hari, denah juga memiliki fungsi untuk menggambarkan keadaan mengenai suatu tempat. Kita dengan membaca dan melihat denah bisa dengan mudah mengetahui ...

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2, (Senin, 19 April)

Assalamu‘alaikum wr.wb Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?  Alhamdulillah kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini, sebelumnya mohon maaf lahir bathin semoga pada bulan puasa ini ayah bunda semuanya sehat, sehingga dapat membimbing ananda dalam aktivitas di bulan Ramadhan istimewa ini.  Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, pembelajaran pada bulan Ramadhan akan mengkombinasikan pembelajaran tematik dengan pelaksanaan ibadah.  Ada pembiasaan perilaku baik, sholat, tadarus, doa, hafalan surat-surat pendek, mengenal dan meneladani kisah-kisah nabi, asmaul Husna. Sedangkan untuk ayah bunda yang kebetulan beragama non muslim, bentuk ibadahnya mohon disesuaikan, ya ayah bunda.  Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi a...