Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 5 (Kamis, 18 Febuari 2021)

 Bismillahirohmanirrohim

Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

-----------------------------------------------------------------------

Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 4 : Penghematan Energi
Pembelajaran : 5

A.     Tujuan Pembelajaran

1.       Dengan mengamati gambar ,Siswa dapat menjelaskan informasi informasi berkaitan dengan penghematan energi dengan tepat.

2.       Dengan kegiatan diskusi, Siswa dapat menuluskan pengalaman kewajiban dengan tepat

3.       Setelah mengamati contoh ,Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari -hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.

-----------------------------------------------------------------------

Ingatkah kamu dengan kegiatan menghemat energi yang sudah dilakukan?

Mana kah dari gambar dibawah ini kegiatan hemat energi yang sudah kamu lakukan?


Yuk coba kita tuliskan laporan kegiatan menghemat energi yang sudah kalian lakukan / pernah kalian lakukan di rumah.

Nah mari ibu guru contoh kan bagaimana mengisi laporannya yaa...

Laporan Kegiatan Menghemat Energi
Waktu Pelaksanaan : Hari Kamis, 18 Februari 2021
Tempat Kegiatan      : Di rumah
Kegiatan menghemat energi yang sudah kamu lakukan :
    1. Mematikan lampu saat sudah tidak diperlukan.
    2. Menutup kran air setelah menggunakan nya.
    3. Tidak memainkan handphone saat sedang dicharger.
    4. Mematikan TV ketika sedang tidak digunakan.
    5. Mandi dengan air seperlu nya. 
Kesulitan atau masalah yang dihadapi :
Aku terkadang suka lupa mematikan TV, padahal aku sedang belajar. Setiap hari, aku bermain game di handphone hingga lupa waktu. Padahal seharusnya, saat handphone sedang di charger, aku tidak boleh sambil memainkan nya. Setelah Mandi aku juga suka lupa menutup kran rapat-rapat, sehingga airnya menetes terbuang sia-sia.

Keberhasilan yang dicapai  :
1. Setelah bangun tidur aku langsung mematikan lampu kamar, kipas/AC.
2. Pergi ke warung dengan menggunakan sepeda.
3. Mematikan TV saat sedang belajar dirumah.

Nah, seperti itu yaa contohnya. 
---------------------------------------------------

Kalian berhak memanfaatkan energi yang tersedia di alam.
Kalian juga memiliki kewajiban untuk menjaga energi yang tersedia di alam dan Tuhan, agar energi tersebut tidak habis.
Karena menjaga ketersediaan energi merupakan perlaku baik yang termasuk menjaga kehidupan.
Perlu kerja sama semua anggota keluarga untuk menghemat energi.
Kerja sama untuk saling mengingatkan agar menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari. 

Setiap jenis kegiatan yang dilakukan pasti menggunakan energi, baik energi matahari, energi listrik, energi makanan, dsb, oleh sebab itu, maka dalam penggunaan energi harus diperhatikan agar menjamin ketersediaan energi untuk kehidupan.

Contoh Hak dalam menggunakan energi :  

  1. Mendapat kebebasan dalam menggunakan energi.
  2. Terpenuhinya kebutuhan akan berbagai jenis energi.
  3. Mendapat kemudahan dalam melakukan inovasi energi alternatif.
  4. Mendapatkan tarif untuk membayar energi secara wajar.
  5. Terhindar dari kelangkaan energi.

Contoh Kewajiban dalam menggunakan energi :  

  1. Menggunakan energi secara bijaksana.
  2. Berinovasi dalam menciptakan energi-energi alternatif lainnya.
  3. Memastikan penggunaan energi secara efisien dan efektif.
  4. Tidak berlebihan dalam menggunakan peralatan yang memerlukan energi.
  5. Menghemat penggunaan energi.

------------------------------------------------ 
Pada pertemuan sebelumnya, kalian sudah mempelajari dan ditugaskan untuk menghitung luas bagian dengan menghitung jumlah satuan pergi yaa..

Perhatikan pada buku halaman 186,

Udin dan teman-teman menanam pohon disekolah,
bagian lahan sekolah yang ditanami pohon oleh Udin dan teman-teman nya adalah bagian yang berwarna biru.
Lihat bagian yang diberi warna biru.
Berapa luas bagian yang ditanami oleh Udin ?

Coba kita hitung sama-sama...


Jadi, luas bagian yang ditanami Udin adalah persegi satuan.

-------------------------------------

Nah begitulah penjelasan materi kali ini pada Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 5 , mudah bukan?

Untuk mengetahui apakah kalian sudah paham tentang materi tersebut, selanjutnya kerjakan tugas berikut yaa...

Tugas :
1. Cobalah hitung luas bagian pada soal matematika, pada halaman 187-188 yaa.. 

Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom.

Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

 Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... 
 Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh 

 #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan