Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 1-2 (Selasa 16 Februari 2021)

Bismillahirohmanirrohim

Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!


---------------------------------------------------------------------------------

Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 4 : Penghematan Energi
Pembelajaran : 1-2

 A. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan membaca teks ,Siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi berkaitan dengan penghematan energi dengan tepat.
2. Dengan kegiatan tanya jawab, Siswa dapat menuliskan prilaku hematsebagai wujud pengamalan Pancasila sila ke lima dengan tepat
3.  Setelah mengamati contoh ,Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari -hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat membuat kreasi dengan tehnik menggambar garis,melipat dan memotong.

---------------------------------------------------------------------------------

B.Indonesia KD 3.2 dan 4.2

    Kalian sudah mengetahui bahwa kesediaan energi semakin berkurang. Penggunaan energi alternatif perlu dipikirkan. Energi alternatif untuk menjaga kesediaan energi. Kalian harus ikut serta menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energi 

    Ada beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut dapat kalian lakukan. Misalkan menggunakan air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi. Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya. Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat. 

Menyusun Cerita Dari Kata Kunci

    Pada pembelajaran sebelumnya kalian telah membaca tentang penghematan energi. Setelah mendapat informasi,kalian dapat menyusun cerita dengan kalimat sendiri. Untuk dapat menyusun cerita indentifikasi terlebih dahulu kata kunci yang terkandung dalam teks yang telah dibaca.Kata kunci merupakan kata-kata berkaitan dengan tema yang membentuk sebuah informasi.Setelah menemukan kata kunci,susunlah cerita dengan kaliamt efektif dan kata-kata baku supaya ceritamu dapat dipahami oleh pembaca.

Contoh membuat cerita 

Contoh cerita berdasarkan gambar tersebut,menggunakan kata-kata berikut dalam cerita :

  • Hemat 
  • Energi 
  • Pemborosan
  • Lingkungan 
  • Kewajiban
  • Listrik
  • Energi Alternatif

Jawaban : 

Cerita menggunakan kata hemat, energi, pemborosan, lingkungan, kewajiban, listrik, energi listrik.


         Listrik merupakan salah satu kebutuhan penting yang tidak bisa tergantikan saat ini. Hampir seluruh keperluan dan kegiatan menggunakan energi listrik. Terkadang kita merasa terkejut dengan jumlah biaya listrik yang harus dibayar setiap bulannya. Hal tersebut terjadi karena pemborosan energi yang biasa dilakukan di rumah. Salah satu kebiasaan buang-buang energi yang paling jelas adalah lampu. Mulai sekarang jangan lupa untuk mematikan lampu sebelum meninggalkan rumah untuk membantu menghemat listrik, karena setiap orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar terhadap lingkungan dan sumber energi. Selain itu penghematan listrik juga bisa dilakukan dengan penggunaan lampu hemat energi. Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan.

--------------------------------------------------------------------------

PPKn KD .3.2 dan 4.2

MENGHEMAT PENGGUNA LISTRIK

    Rumah yang bersih. Banyak   tanamatanaman di halaman rumahnya. Setiap malam keluarga menyirami tanaman. Pagi hari keluarga membersihkan rumah. Semua jendela terbuka. Agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Kalau ada pohonnya sangat subur dan subur. Pepohonan menciptakan lingkungan yang teduh di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.

    Cobalah banyak jendela dan lubang udara. Jendela dan lubang udara berguna untuk udara masuk dan keluar. Selain itu, rumah cerah di pagi dan siang hari. Sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara. Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya menciptakan lingkungan yang sehat. Rumah tidak membutuhkan AC. Dengan demikian, keluarga membantu menjaga ketersediaan energi. Selain itu, biaya listrik juga murah.

 Menghemat Energi sebagai Mengamalkan  sila ke Lima Prinsip Pancasila

      Semangat kebersamaan dibutuhkan dalam penghematan energi agar sumber energi tetap terjaga. Penghematan energi dapat dilakukan di lingkungan sekolah dan di masyarakat. Penghematan energi penting dilakukan agar sumber energi tetap dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali.

   Setiap orang berhak menggunakan energi dan memiliki kewajiban untuk menghemat energi. Hal tersebut sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sumber energi harus digunakan untuk kepentingan masyarakat luas. Sumber energi tidak boleh dikendalikan secara sepihak oleh pihak-pihak tertentu.

    Tuhan juga memerintahkan manusia agar tidak melakukan pemborosan.Seseorang yang melakukan  pemborosan berarti tidak perduli dengan orang lain.Selain itu ,juga tidak perduli dengan alam yang kita tempati..Padahal,alam ini merupakan tempat tinggal semua mahluk hidup.


------------------------------------------------------------

SBdP KD.3.4 dan 4.4

MEMBUAT BALING-BALING DARI KERTAS ORIGAMI

BAHAN DAN ALAT
  1. 1 buah penggaris
  2. 1 buah kertas warna ukuran besar
  3. Pensil tulis
  4. Pensil warna atau krayon
  5. Jarum pentul
  6. Lem
  7. Gunting
  8. Potongan Bambu

Langkah-langkah praktis dan detail membuat baling-baling kertas

  1. 1.Siapkan alat dan bahan (Gunting, Lem, Kertas, Isolasi dan Lidi)
  2. 2.Ambil kertas yang telah disediakan dan tandai bagian atau lipat kemudian beri lingkaran seperti gambar dibawah
  3. 3.Potong lipatan dan jangan sampai mengenai lingkaran
    1. 4.Satukan dan lem sisi-sisi segitiga ketengah lingkaran 
      Kunjungi kami
    2. 5.Perkuat dengan menempelkan kertas kecil di tengah-tengah lingkaran
    3. 6.Beri lubang di tengah baling-baling yang sudah jadi
    4. 7.Masukkan lidi yang telah diberi isolasi ke lubang yang telah dibuat tadi dan kemudian balut kembali lidi yang keluar dari baling-baling.  
      Kunjungi kami
    5. Baling-baling siap berputar.

    6. --------------------------------------------------
    7. MTK KD 3.8

    1. Mengenal satuan tidak baku untuk luas
    2. Untuk materi ini saksikan vidio di bawah ini yuk..! dan lihat halaman 158

    3. Setelah menyaksikan vidio diatas silahkan diskusikan bersama ayah/bunda jika ada yang belum jelas,  selanjutnya  kalian kerjakan tugas dibawah ini ya...

    4. TUGAS :
    5. 1. Buatlah baling-baling dengan kertas origami
    6. 2. Kejakan halaman 159-160 jawabanya yang sudah di gambar diwarnai.

    1. Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom

      Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

      Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa......


      Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

      #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan