Langsung ke konten utama

Home Learning (Pembelajaran 3-4, Kamis 28 Jan 2021)

 Bismillahirohmanirrohim

Assalamu'alaikum wr.wb

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!


-------------------------------------------------------------------------------------------------

Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan penyebut sama dengan benar.

2.      Dengan membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang cuaca, iklim, dan musim yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.

3.      Dengan praktek langsung, siswa dapat membuat karya keterampilan dengan teknik sambung (menempel dan menjahit) dengan rapi.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Menemukan makna Istilah Khusus

        Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah menemukan pokok-pokok informasi dalam sebuah teks , selain itu juga mengandug istilah khusus yang berkaitan dengan tema. Untuk menemukan istilah khusus kamu dapat membaca teks dengan cermat.

Perhatikan percakapan dibawah ini !

  
Perbedaan antara cuaca, musim, dan iklim

1. Cuaca

Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca bisa berubah.Cuaca harian biasanya dilambangkan dengan simbul berikut

2. Musim

Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu
Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu yang sedikit hujan. Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara tropis.Hanya terdapat dua musim: musim kemarau dan hujan.

3. Iklim 

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan  waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun.


-------------------------------------------------------------------------------------------------

Matematika

Pengurangan  dua pecahan berpenyebut sama

Kita sering menemukan masalah yang berkaitan dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Untuk penyelesaiannya kita dapat mengurangkan angka pembilangnya saja dan penyebutnya tetap. ayo perhatikan contoh berikut !

Ibu memotong semangka menjadi 5 bagian sama besar. Ibu meletakkan 4 potong semangka dalam kulkas dan sisanya ibu makan . sepulang dari sekolah , edo membuka kulkas dan mengambil 2 potong semangka . Berapa bagian sisa semangka di dalam kulkas sekarang?



Bagaimana sudah mengerti ? Jika masih belum paham silakan di baca di buku tema halaman 198.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

SBdP
Karya seni dengan teknik aplikasi

Teknik aplikasi merupakan seni hias dengan menggunakan teknik menempel dan menjahit . kita dapat membuat karya seni dengan teknik aplikasi menggunakan kain flanel. 

Kain flanel dapat dibuat hiasan menjadi beragam bentuk seperti boneka jari, gantungan kunci, bross dan masih banyak lagi yang dapat menggunakan teknik menjahit tusuk feston.


cara pembuatan perhatikan video atau baca tema halaman 201-203



Setelah kalian menyaksikan tayangan video atau membaca buaku tema yang sudah anjurkan 
tugas yang harus kalian kerjakan 

1. Kerjakan tugas latihan matematika yg ada di buku tema halaman 199.
2. Buatlah karya seni dengan menempel dengan teknik menjahit tusuk feston
    bahan , kain flanel, jarum , benang , gunting, lem. 
    Keluar kan kreasimu buat seindah mungkin. 
Perhatian ! Jarum dan gunting merupakan benda tajam jadi jangan dibuat mainan dan jangan sampai terluka ya...
Utamakan keselamatan dan perhatikan petunjuk ayah/bunda yaa . 
Karya ini dikumpulkan paling lambat hari sabtu, pukul 21 yaa

Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui classroom/ WA yaa..

 

Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini!

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

 

#salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. 1.     Bergerak  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi,?  Anak-anak apa kabar hari ini?  Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya   ...  (Robbi zidni ‘ilman warzuqniy fahman) . Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. 

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kelas / Semester        :  3 /1 Tema                          :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPkN, Mtk Pembelajaran ke        :  2 Kompetensi Dasar : PPKn  3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila“.  Bahasa Indonesia  3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.  3.2 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Matematika 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilan