Langsung ke konten utama

Home Learning Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 (Senin, 22 Maret 2021)

 Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

Anak-anak ibu yang hebat dan cerdas sudah siap belajar hari ini?

Mari kita awali dengan berdo’a terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Selanjutnya mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, dan ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

------------------------------------------------------------------------

Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 3 : Perkembangan Teknologi Komunikasi
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • 4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
PPKN

  • 1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar seabgai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 
  • 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
  • 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
  • 4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan menuliskan kembali kumpulan kalimat utama dari teks “Alat Komunikasi Tulisan”, siswa dapat membuat ringkasan informasi dari suatu teks dengan runtut dan benar
  2. Dengan menyajikan informasi tentang pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar, siswa dapat menyimpulkan   makna dari  keberagaman karakteristik individu dengan tepat.
-------------------------------------------------------------------

Ayo Membaca

Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti.

Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu.

Telepon adalah alat komunikasi secara lisan. Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

Bacalah teks berikut!
Alat Komunikasi Tulisan
Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui telepon seluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.

Ayo Menulis
Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.




Temukan kalimat utama dari tiap paragraf! Lalu, tuliskan ringkasan teks “Alat Komunikasi Tulisan”!

Ayo Berdiskusi

Setelah mendapat izin dari Ibu, Dayu dan teman-teman segera menuju rumah Siti. Mereka mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai alat komunikasi.

Siti akan mencari informasi di internet. Dayu akan mencari informasi dari buku-buku dan majalah. Lani akan menelepon pamannya yang bekerja di perusahaan telekomunikasi.

Udin membantu meringkas hasil informasi. Edo akan menuliskannya pada sebuah buku. Beni bertugas membuat gambar dan hiasan pada ringkasan informasi yang telah dibuat.

Dayu dan teman-teman memiliki keterampilan yang beragam atau berbeda-beda . Dapatkah kerja sama dapat terlaksana jika kita memiliki kemampuan yang beragam?


Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerja sama.

Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi.

Menurut kamus KKBI, kolaborasi artinya perbuatan bekerja sama. Kerja sama merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

-------------------------------------------------------------------

Tugas :
  1. Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi. (hlm 145)
  2. Temukan kalimat utama dari tiap paragraf! Lalu, tuliskan ringkasan teks “Alat Komunikasi Tulisan” (hlm 146)
Jangan lupa untuk kirimkan foto kalian dan kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto dan kirimkan melalui Classroom.

Setelah itu ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok , tetap semangat yaaa...... Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh #salamsehat #salamkompak #IngatPesanIbu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 (BDR)

Kelas / Semester         :  3   / 1 Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia Pembelajaran ke         :   2 Assalamu'alaikum wr.wb SELAMAT PAGI.... Pada hari ini kita akan belajar lebih tahu mengenai Ciri-ciri mahkluk hidup. Kalian bisa baca teks dibawah ini dengan seksama yaa... Lalu jangan lupa dikerjakan tugas nyaa.. Selamat belajar :) CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terh...

Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar (Tema 8 Subtema 3 )

  Pengertian, Fungsi dan Cara Membaca Denah dengan Baik dan Benar Pernahkah kalian pergi ke suatu tempat yang belum kalian datangi sebelumnya? Biasanya, untuk bisa sampai ke tujuan tersebut, kalian akan bertanya kepada orang-orang yang ditemui agar letak tersebut bisa lebih jelas. Nantinya, kalian juga tidak hanya bertanya dengan orang-orang setempat saja. Kalian juga bisa dengan mudah menggunakan denah atau peta untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Pernahkah kalian melihat apa yang namanya denah itu sendiri? Apa pengertian dan fungsi atau manfaat denah bagi kita? Lalu, bagaimana cara membaca denah dengan baik dan benar? 1. Pengertian Denah Denah adalah suatu gambar yang menunjukkan letak kota, jalan atau tempat lain. Denah ini sendiri juga bisa memiliki arti sebagai gambar rancangan rumah dan juga bangunan. Di dalam kehidupan sehari-hari, denah juga memiliki fungsi untuk menggambarkan keadaan mengenai suatu tempat. Kita dengan membaca dan melihat denah bisa dengan mudah mengetahui ...

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2, (Senin, 19 April)

Assalamu‘alaikum wr.wb Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?  Alhamdulillah kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini, sebelumnya mohon maaf lahir bathin semoga pada bulan puasa ini ayah bunda semuanya sehat, sehingga dapat membimbing ananda dalam aktivitas di bulan Ramadhan istimewa ini.  Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, pembelajaran pada bulan Ramadhan akan mengkombinasikan pembelajaran tematik dengan pelaksanaan ibadah.  Ada pembiasaan perilaku baik, sholat, tadarus, doa, hafalan surat-surat pendek, mengenal dan meneladani kisah-kisah nabi, asmaul Husna. Sedangkan untuk ayah bunda yang kebetulan beragama non muslim, bentuk ibadahnya mohon disesuaikan, ya ayah bunda.  Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi a...